alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Bupati Subang Ajak Masyarakat Jaga Keutuhan NKRI

Agus Warsudi
Bupati Subang Ajak Masyarakat Jaga Keutuhan NKRI
Foto/Dok SINDO

SUBANG - Bupati Subang Ruhimat mengecam keras kerusuhan yang berujung kekerasan dalam bentuk apa pun dan mengimbau masyarakat untuk tidak terpengaruh oleh provokasi pihak mana pun yang dapat memecah belah dan mengganggu persatuan bangsa.

"Saya menentang keras segala bentuk kerusuhan dan kekerasan yang bersifat untuk memecah belah persatuan bangsa," kata Ruhimat yang didampingi Ketua Pengadilan Agama (PA) Kabupaten Subang Kaharuddin serta Kepala Kemenag Kabupaten Subang Abdurahim di Subang, Rabu (12/6/2019).

Ruhimat mengimbau masyarakat Subang untuk tidak terprovokasi oleh informasi apa pun yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. "Mari kita bersama-sama menjaga keutuhan NKRI," ujar dia.



Pernyataan Bupati Subang Ruhimat itu mendapat dukungan dari sejumlah elemen, di antaranya Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Subang, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Subang, Front Pembela Islam (FPI) Kabupaten Subang, dan GP Ansor.

"Ini (kerusuhan) dapat memecah belah bangsa, terutama dapat merusak persatuan masyarakat. Maka dengan itu, saya menentang segala bentuk kekerasan dan kerusuhan," kata Ketua FKUB Kabupaten Subang Abdul Mugni.

Senada dengan Abdul, Ketua MUI Subang KH Musa mengemukakan, kerusuhan yang terjadi beberapa waktu lalu dapat merusak demokrasi di Indonesia. "Hal itu justru akan menyebabkan terhambatnya proses demokratisasi di Indonesia," ujar Musa.

Ketua FPI Subang Idris menilai kerusuhan sangat tidak bermanfaat, justru lebih banyak mudaratnya. Kerusuhan dapat mencoreng nilai demokrasi. "Saya tidak melihat manfaat dari kekerasan," kata Idris.

Ketua GP Ansor Kabupaten Subang Asep Alamsyah mengungkapkan, pihaknya mengecam dan menentang keras pengerahan massa yang berujung kerusuhan dan kekerasan. "Proses-proses hukum kan sudah disediakan. Itu kan kesepakatan awal," kata Asep.



(zik)

loading...