alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Innalillahi, Dua Warga Subang Tewas Tenggelam

Didin Jalaludin
Innalillahi, Dua Warga Subang Tewas Tenggelam
Tim SAR dari Kantor SAR Bandung mengevakuasi korban Iin yang tenggelam di saluran irigasi Tarum Timur, Subang. Foto/Istimewa/Basarnas Bandung

SUBANG - Dua warga Kabupaten Subang, Jawa Barat yang dilaporkan tenggelam dan ditemukan meninggal dunia, Selasa (11/6/2019). Keduanya tenggelam pada Senin 10 Juni 2019, di dua lokasi berbeda.

Korban pertama Iin (28) warga Kampung Blok Perum KA, Desa Pasir Bungur, Kecamatan Purwadadi, tenggelam di sungai irigasi Tarum Timur, Kecamatan Cikaum Subang.

Sedangkan korban kedua, Miftahul Huda (8) warga Kampung/Desa Cimayasari, Kecamatan Cipeundeuy, Subang, tenggelam di bekas galian C yang berada di desanya.



Sebelumnya, proses pencarian kedua korban cukup membuat petugas search and rescue (SAR) gabungan bersama warga setempat kesulitan, terutama saat mecari keberadaan Iin.

Pecarian korban yang tenggelam di Sungai Tarum Timur saat mencari biawak tersebut melibatkan tim dari Kantor SAR Bandung, TNI, Polri, dan Tagana Dinsos Subang.

"Iin baru ditemukan dua hari kemudian atau Selasa sekitar pukul 14.40 WIB di 360 meter dari titik lokasi kejadian. Sedangkan korban Miftahul Huda yang tenggelam di bekas galian C ditemukan pada Senin malam dengan cara dijala," kata Ketua Tagana Dinsos Subang Jajang Abdul Muhaimin.

Sementara itu, Kapolsek Cikaum AKP Bambang mengatakan, dugaan sementara korban Iin tenggelam lantaran tidak bisa berenang. Sebelum tenggelam, Iin memburu biawak besar di pinggir sungai irigasi Tarum Timur tersebut, namun biawak itu malah loncat ke sungai.

“Tidak tahu kenapa, korban saat itu ikut loncat berenang mengejar biawak itu. Saat di tengah sungai yang dalam dan berarus deras, korban diduga kehabisan tenaga dan langsung tenggelam,” ujar Jajang.

Sedangkan korban Miftahul Huda yang tenggelam di lokasi galian C, diduga terpeleset saat memancing. Pada Senin pukul 16.30 WIB, hanya menemukan pancingan, ikan, dan sandal korban di lokasi galian C tersebut.

Karena curiga tenggelam, warga dan tim gabungan dari pemerintah daerah Kabupaten Subang melakukan pencarian, hingga akhirnya korban Miftahul ditemukan sudah meninggal dunia.



(awd)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif