Jalur Puncak Tetap Padat, 200 Personel Polisi Disiagakan

Senin, 10 Juni 2019 - 16:18 WIB
Jalur Puncak Tetap Padat, 200 Personel Polisi Disiagakan
Foto/Dok SINDOnews
A A A
BOGOR - Pada H+5 Lebaran ini, jalur Puncak (Ciawi-Megamendung-Cisarua) masih dipadati kendaraan wisatawan asal Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). Kepadatan kendaraan sempat mengular dari Gerbang Tol Ciawi hingga Megamendung sejak pukul 06.00 WIB hingga siang tadi.

Pantauan SINDOnews, Senin (10/6/2019), arus lalu lintas sempat tersendat, khususnya di Simpang Gadog, Pasir Muncang, Pasir Angin, Tanjakan Selarong, Cipayung Datar, hingga Simpang Megamendung. Lantaran semakin siang volume kendaran dari arah Cianjur atau Puncak menuju Jakarta kembali meningkat, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bogor akhirnya memutuskan memberlakukan sistem one way (satu arah).

"Proses one way sudah dimulai sejak pukul 13.00 WIB, dengan terlebih dahulu melakukan pengurasan kendaraan dari atas ke bawah didorong, khususnya di titik-titik yang mengalami kepadatan," ujar Kasatlantas Polres Bogor AKP M Fadli Amri saat dikonfirmasi.

Menurut dia, volume kendaraan pada H+5 Lebaran hari ini didominasi mobil pribadi dan bus pariwisata. Sehingga dipastikan, kepadatan kali ini bukan disebabkan adanya arus balik mudik Lebaran, akan tetapi masih banyak masyarakat yang memanfaatkan hari libur sekolah untuk berwisata ke kawasan Puncak.

"Meski libur Lebaran sudah usai bagi karyawan, tapi anak sekolah masih libur panjang, sehingga jalur Puncak terus dipadati kendaraan yang hendak berwisata. Maka dari itu, kami akan tetap standby mengatur arus lalu lintas, khususnya di pusat-pusat keramaian atau objek wisata," katanya.

Selain memberlakukan one way dengan interval waktu cukup lama, khususnya dari arah Puncak ke Jakarta pada sore hari, pihaknya tetap mengerahkan full personel di tempat-tempat yang memang berpotensi terjadinya kepadatan.

"Alhamdulillah hingga sekarang personel yang bertugas sebanyak 200 orang masih standby di lokasi-lokasi rawan terjadinya kemacetan untuk mengatur lalu lintas dan menginformasikan kepada pengguna jalan terkait pemberlakuan sistem one way yang diberlakukan saat ini," jelasnya.

Pihaknya mengimbau kepada para pengguna jalan untuk selalu menaati peraturan dan rambu lalu lintas, khususnya saat diberlakukan one way. Dengan ketertiban pengguna jalan tentunya dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan.

"Bagi wisatawan yang hendak berkunjung ke Puncak, untuk tertib dan selalu update informasi terkait lalu lintas dan pemberlakuan one way, sehingga tak terjebak dalam kepadatan ataupun kemacetan di jalan," katanya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 5.0991 seconds (0.1#10.140)