alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Libur Lebaran Usai, Ridwan Kamil Minta ASN Tingkatkan Pelayanan Publik

Agung Bakti Sarasa
Libur Lebaran Usai, Ridwan Kamil Minta ASN Tingkatkan Pelayanan Publik
Gubernur Jabar Ridwan Kamil bersilaturahmi dengan ASN di lingkungan Pemprov Jabar di hari pertama kerja pascalibur Lebaran 2019. Foto/Istimewa

BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta seluruh aparatur sipil negara (ASN), khususnya di lingkungan Pemprov Jabar untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pascalibur Lebaran 2019 ini.

Permintaan tersebut disampaikan Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil saat memimpin apel dan silaturahmi di hari pertama kerja ASN Pemprov Jabar di Halaman Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin (10/6/2019).

Dalam kesempatan itu, Emil bersilaturahmi dengan seluruh ASN di lingkungan Pemprov Jabar. Turut hadir Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum, Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar Iwa Karniwa, para asisten daerah, dan pejabat lain. "Kehadiran (ASN) hampir semua hadir. Ada yang sakit dua orang, izin sembilan orang, saya kira tidak ada masalah, terlaporkan dengan baik," ujar Emil.



Emil menekankan, pascalibur Lebaran ini, semua urusan kedinasan dan pelayanan kepada masyarakat dari Pemprov Jabar sudah berjalan normal dan kembali berjalan seperti biasa.

Emil juga berpesan, pasca-Ramadhan dan Lebaran serta bertemu dengan orang tua dan kerabat, seluruh ASN mampu 'naik kelas' dalam kinerja dan pelayanan publik. Integritas ASN pun, kata Emil, harus naik level sehingga hadir profesionalisme yang prima.

Dia juga berharap, visi Jabar Juara Lahir Batin dapat segera terwujud dan mendatangkan kebaikan bagi seluruh masyarakat. "ASN harus melayani dengan hati. Lencana Korpri adalah tanda kita sebagai pelayan, bukan yang harus dilayani. Kemuliaan hadir dari berhasilnya tugas kita," tegas Emil.

Sementara itu, Sekda Jabar Iwa Karniwa mengatakan, tingkat kehadiran ASN di lingkungan Pemprov Jabar sama baiknya dengan Lebaran tahun sebelumnya. "Alhamdulillah dari absensi yang ada, tingkat kehadiran ASN di lingkungan Setda Jabar hari pertama ini sangat tinggi," katanya.

Menurut dia, dari 744 ASN di lingkungan Sekretariat Daerah (Setda) Jabar dan 139 di Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Jabar, tercatat sebanyak 870 pegawai hadir. "Sisanya ada dua orang dalam keadaan sakit dan sembilan orang mengajukan izin," sebut Iwa.

Iwa juga memastikan, semua dinas yang bersangkutan dengan pelayanan kepada masyarakat seperti Badan Pendapatan Daerah, Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu, sudah berjalan normal.

Iwa menyatakan, masyarakat tak perlu ragu mendatangi dinas-dinas yang melayani kepentingan publik. Sebab, para pegawai sudah siap menjalankan tugasnya melayani masyarakat. "Setelah masuk kerja saya instruksikan untauk langsung bekerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsi," katanya.



(zik)