alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Meski Dilarang, Pemudik Nekat Berswafoto di Terowongan Tol Cisumdawu

Agung Bakti Sarasa
Meski Dilarang, Pemudik Nekat Berswafoto di Terowongan Tol Cisumdawu
Sejumlah pengguna tol nekat selfie di mulut Terowongan Cisumdawu di ruas Tol Cisumdawu, Jumat (7/6/2019). Foto/SINDOnews/Agung Bakti Sarasa

SUMEDANG - Kemegahan terowongan Cisumdawu (Cisumdawu Tunnel) di ruas Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) Seksi II (Tanjung Sari- Rancakalong), menjadi daya tarik bagi pengguna tol yang difungsikan sebagai jalur alternatif mudik Lebaran 2019 itu.

Meski dilarang, namun banyak pengguna tol yang ingin mengabadikan dirinya di tengah kemegahan terowongan sepanjang 472 meter dengan diameter 14 meter itu. Mereka tampak asyik selfie di tengah lalu lintas kendaraan yang lengang, Jumat (7/6/2019).

Diketahui, Polda Jabar dan Polres Sumedang sendiri sudah mengeluarkan larangan bagi siapapun untuk selfie di Terowongan Cisumdawu dengan alasan keselamatan. Terlebih, secara umum, Tol Cisumdawu belum rampung dan masih banyak keterbatasan.



"Kalau selfie di situ membahayakan. Bukan imbauan lagi, itu larangan," tegas Direktur Lalu Lintas Polda Jabar Komisaris Besar Mohamad Aris, Kamis 30 Mei 2019 lalu.

Warga yang nekat selfie di Terowongan Cisumdawu itu umumnya pengguna Tol Cisumdawu. Sebelum selfie, mereka menghentikan kendaraannya tepat di depan mulut terowongan. Di lokasi tersebut, terdapat area bahu jalan yang dibatasi pagar pembatas dan dipasangi tulisan "Bayar Parkir".

Ironisnya, area parkir liar untuk mobil dan sepeda motor tersebut dijaga sejumlah orang yang mengenakan rompi berwarna oranye. Mereka kemudian menarik sejumlah uang dari pengguna tol saat meninggalkan area terlarang itu.

Diketahui, Tol Cisumdawu yang belum rampung itu sudah sejak lama disiapkan sebagai jalur alternatif mudik di jalur tengah Bandung-Cirebon. Adapun lajur yang digunakan, yakni Seksi II sepanjang 5,5 kilometer arah Cirebon, termasuk satu sisi Terowongan Cisumdawu yang panjangnya mencapai 472 meter.



(awd)