Tidak Libur, Penguji Kendaraan Tetap Bekerja Tulus dan Profesional

Jum'at, 07 Juni 2019 - 17:11 WIB
Tidak Libur, Penguji Kendaraan Tetap Bekerja Tulus dan Profesional
Dewan Pertimbangan DPD IPKBI Jabar Eman Sulaeman didampingi Ketua DPD IPKBI Jabar Enjang Kusmana memberikan bingkisan kepada anggotanya saat memantau Posko Dishub dan petugas penguji kendaraan yang tetap bekerja saat libur Lebaran. Foto/SINDOnews/Adi
A A A
BANDUNG BARAT - Lebaran menjadi waktu yang sakral dan umumnya dirayakan dengan cara berkumpul dengan keluarga, kerabat, maupun sanak saudara tercinta di kampung halaman. Namun, hal itu tampaknya tidak berlaku bagi para petugas penguji kendaraan dari Dinas Perhubungan (Dishub) di seluruh wilayah Jawa Barat yang tetap harus berjibaku dengan tugas dan pekerjaannya.

Sama halnya seperti petugas kepolisian, perawat maupun dokter, yang dituntut siap selama libur Lebaran, tugas dan tanggung jawab petugas penguji kendaraan juga sangat vital. Mereka harus mengecek kendaraan sehingga dipastikan aman dan layak jalan agar bisa meminimalisasi kecelakaan akibat aspek teknis keamanan kendaraaan yang tidak terperhatikan.

Untuk memompa semangat petugas penguji kendaraan di lapangan, pengurus DPD Ikatan Penguji Kendaraan Bermotor Indonesia (IPKBI) Jawa Barat mendatangi sejumlah posko penguji, seperti Posko Dishub KBB, Poskotis Terpadu Dishub Provinsi Jawa Barat di Cikopo, dan Posko Dishub Kabupaten Subang. Selain untuk menyampaikan SOP yang harus dilakukan saat bertugas, kunjungan ini juga diharapkan semakin memperkuat tali silaturahmi di antara jajaran pengurus.

"Meskipun tetap bekerja di saat orang lain menikmati libur Lebaran, enjoy saja. Nikmati, syukuri, dan tetap bekerja dengan tulus serta profesional," tutur Ketua DPD IPKBI Jawa Barat Enjang Kusmana saat ditemui di Padalarang, KBB, Jumat (7/6/2019).

Enjang mengingatkan kepada jajarannya untuk menjaga sinergitas dengan intansi terkait, dan memberikan langkah-langkah yang harus diambil apabila ada permasalan di lapangan. Selain itu bertindak sesuai dengan prosedur dan jangan ada toleransi terhadap segala bentuk pelanggaran kendaraan yang dapat berakibat fatal. Hal ini semata-mata untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat pengguna angkutan umum.

"Total ada 325 petugas penguji kendaraan di Jawa Barat yang ikut terlibat dalam pengujian kendaraan bermotor selama arus mudik Lebaran 2019. Saya titip pesan agar bekerja sesuai prosedur dan jaga kesehatan," ucapnya.

Pada kesempatan ini juga diberikan bingkisan kepada petugas penguji yang diserahkan langsung oleh Sekretaris Umum DPD IPKBI Jabar Dede Bardilah dan Dewan Pertimbangan DPD IPKBI Jabar Eman Sulaeman. Sebagai bentuk tanggung jawab organisasi profesi, pengurus meminta agar pelaksanaan ramp check di terminal, pool bus, atau tempat-tempat wisata sampai Lebaran H+7 sesuai dengan instruksi Kementerian Perhubungan dilaksanakan dengan baik dan memperhatikan aspek keselamatan.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.1759 seconds (0.1#10.140)