alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Masyarakat Boleh Gunakan Jalur Kamojang-Ibun, Ini Syaratnya

Agung Bakti Sarasa
Masyarakat Boleh Gunakan Jalur Kamojang-Ibun, Ini Syaratnya
Wakil Bupati Bandung Gun Gun Gunawan. Foto/SINDOnews/Agung Bakti Sarasa

BANDUNG - Jalur Kamojang-Ibun kerap digunakan pengguna jalan sebagai jalur alternatif, khususnya dari arah Bandung ke Garut maupun sebaliknya untuk menghindari kemacetan di Jalur Nagreg, Kabupaten Bandung.

Diketahui, jalur yang berada di kawasan perbatasan Kabupaten Garut dan Kabupaten Bandung itu dikenal memiliki tanjakan dan turunan serta belokan yang curam. Bahkan, pada musim mudik Lebaran 2019 ini, pihak kepolisian tidak merekomendasikan penggunaan jalur itu bagi pemudik.

"Untuk jalur Ibun-Kamojang, saat ini tidak ada rekomendasi dari Polres karena sangat rawan kecelakaan, baik dari Garut ke Bandung maupun sebaliknya," ujar Wakil Bupati Bandung Gun Gun Gunawan saat ditemui di Jalur Nagreg, Kabupaten Bandung, belum lama ini.



Meski tidak direkomendasikan, lanjut Gun Gun, pihaknya tidak melarang masyarakat menggunakan jalur tersebut. Bahkan, dia mempersilakan jalur tersebut digunakan, namun dengan sejumlah syarat yang wajib dipenuhi.

"Tapi jika masyarakat ingin menggunakan (jalur Kamojang-Ibun) silakan," katanya.

Gun Gun menyebutkan, kehati-hatian pengendara menjadi faktor utama jika ingin menggunakan jalur Kamojang-Ibun mengingat kondisi jalurnya yang sangat curam dan berbahaya.

"Faktor lainnya yang harus diperhatikan, yakni kendaraan yang digunakan harus layak pakai. Selain itu, sopir juga harus mengenal wilayah tersebut," sebut Gun Gun.

Sebelumnya, pihak kepolisian tidak merekomendasikan penggunaan jalur Kamojang-Ibun sebagai jalur alternatif bagi pemudik karena jalur tersebut dinilai berbahaya dan rawan kecelakaan.

Di jalur Kamojang-Ibun sendiri terdapat turunan yang panjangnya sekitar 10 kilometer dan memiliki empat titik rawan kecelakaan lalu lintas. Empat titik tersebut, yakni Cukang Monteng, Turunan SD Patrol, Turunan Makam Patrol, dan Turunan Pasti.



(awd)