alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Petugas Temukan Puluhan Hewan Tak Layak Kurban

Toiskandar
Petugas Temukan Puluhan Hewan Tak Layak Kurban
Dua hari jelang Idul Adha, petugas dari Dinas Pangan Pertanian Kelautan dan Perikanan (PPKP) Kota Cirebon, Jawa Barat menggelar sidak ke sejumlah pedagang hewan kurban. Foto/MNC Media/Toiskandar

CIREBON - Dua hari jelang Idul Adha, petugas dari Dinas Pangan Pertanian Kelautan dan Perikanan (PPKP) Kota Cirebon, Jawa Barat menggelar sidak ke sejumlah pedagang hewan kurban. Petugas menemukan puluhan sapi dan kambing yang belum cukup umur dan menderita penyakit seperti mata dan luka di kulit.

Dalam sidak pemeriksaan kesehatan dan kelayakan hewan yang digelar di wilayah Kelurahan Kalijaga, Kecamatan Harjamukti, Senin (20/8/2018), petugas memeriksa lebih dari 200 sapi dan 400 kambing. Dari pemeriksaan awal, petugas menemukan banyak sapi yang tak layak kurban karena belum cukup umur dan menderita penyakit mata serta luka di kulit.

Petugas yang menemukan adanya hewan berpenyakit dan belum cukup umur, langsung memberikan teguran kepada pemilik kandang. Petugas meminta hewan yang tak diberi tanda layak kurban tersebut segera dikembalikan dan tidak lagi berada di kandang. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari kesalahan dalam berkurban.
Sapi kurban
Menurut Maharani Dewi, kepala Dinas PPKP Kota Cirebon, untuk hewan kurban yang layak, petugas memberikan tanda berupa stiker layak kurban.

Sidak pemeriksaan kesehatan dan kelayakan hewan kurban ini akan digencarkan hingga hari Lebaran. Petugas juga berencana melakukan pengawasan saat proses penyembelihan hewan untuk memastikan tak ada penyakit di dalamnya.



(zik)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif