Animo Tinggi, PT KAI Tambah Frekuensi KA Ciremai Bandung-Semarang

Minggu, 02 Juni 2019 - 12:05 WIB
Animo Tinggi, PT KAI Tambah Frekuensi KA Ciremai Bandung-Semarang
EVP PT KAI Daop 2 Bandung Saridal, didampingi sejumlah pejabat pemerintahan saat melepas keberangkatan pertama penambahan KA Ciremai di Stasiun Bandung. Foto/SINDOnews/Arif Budianto
A A A
BANDUNG - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 2 Bandung menambah frekuensi perjalanan kereta api (KA) Ciremai, relasi Bandung-Semarang Tawang. Penambahan tersebut menanggapi tingginya animo masyarakat menggunakan moda transportasi massal tersebut.

Penambahan frekuensi KA Ciremai yang awalnya satu kali perjalanan (PP) menjadi dua kali perjalanan (PP). KA Ciremai akan diberangkatkan dari Stasiun Bandung dan Semarang Tawang pada pagi serta sore setiap harinya.

“Pemberlakuan frekuensi perjalanan KA Ciremai mulai diberlakukan pada 1 Juni 2019. Bertepatan dengan tingginya minat masyarakat melakukan perjalanan mudik lebaran menggunakan kereta api,” kata EVP PT KAI Daop 2 Bandung Saridal, saat pelepasan perjalanan KA Ciremai, Sabtu (1/6/2019) petang.

Animo Tinggi, PT KAI Tambah Frekuensi KA Ciremai Bandung-Semarang


Dengan adanya penambahan ini, total perjalanan KA Ciremai menjadi 4 perjalanan perhari dari sebelumnya 2 perjakanan perharinya, yaitu menggunakan KA 97 dan 98.

Menurut Saridal, setiap rangkaian KA Ciremai, akan membawa empat kereta eksekutif dan empat kereta bisnis. Total tempat duduk yang disediakan oleh KA Ciremai 2 adalah 456 tempat duduk.

“Minat masyarakat untuk menggunakan kereta api Ciremai sangat positif. Rata-rata okupansi KA Ciremai di atas 112%,” ujar Saridal.

Saridal menilai, peminat rute dari Bandung menuju Cirebon, Semarang, atau sebaliknya cukup tinggi sehingga perlu dilakukan penambahan jadwal.

Adapun tarif KA Ciremai 2 sama seperti KA Ciremai eksisting dengan Tarif Batas Bawah (TBB) dan Tarif Batas Atas (TBA) yang telah ditetapkan.

Tiket KA Ciremai 2 sudah bisa dipesan sejak 24 Mei di aplikasi KAI Access, website KAI, dan seluruh channel penjualan KAI.

Saridal berharap, penambahan jadwal KA Ciremai ini mempermudah masyarakat yang ingin melakukan perjalanan dengan menggunakan kereta api.

“Dengan adanya KA Ciremai 2 ini, semoga lebih banyak masyarakat yang dapat terlayani oleh KAI, dan dapat mudik menggunakan kereta api,” tutup Saridal.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.1326 seconds (0.1#10.140)