Unpad Buka Jalur Mandiri untuk 1.400 Mahasiswa Baru

Minggu, 02 Juni 2019 - 11:51 WIB
Unpad Buka Jalur Mandiri untuk 1.400 Mahasiswa Baru
Pelaksana Tugas Rektor Unpad Rina Indiastutie dan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Arry Bainus saat memaparkan jalur seleksi mandiri. Foto/Istimewa
A A A
BANDUNG - Universitas Padjadjaran (Unpad) membuka seleksi Jalur Mandiri tahun ajaran 2019 bagi 1.400 calon mahasiswa baru. Jalur Mandiri menjadi alternatif bagi lulusan SMA/SMK/Sederajat masuk Unpad.

Pelaksana tugas (Plt) Rektor Unpad Rina Indiastutie mengatakan, seleksi penerimaan berbasis Jalur Mandiri ini memiliki daya tampung sebesar 22,9% dari total daya tampung Unpad atau sekitar 1.400 orang. Jalur ini dibuka untuk menjaring calon mahasiswa dengan input yang terbaik.

Jalur Mandiri Unpad dapat diikuti oleh siswa SMA/MA/SMK mulai dari lulusan 2016, 2017, 2018, dan 2019. Seleksi terbagi menjadi dua kelompok ujian, yaitu Sains dan Teknologi (Saintek) serta Sosiohumaniora (Soshum).

“Calon peserta harus mengikuti dua tahapan ujian. Artinya, metode seleksi yang dilakukan pada jalur mandiri ini, akan lebih komprehensif dibanding seleksi secara nasional,” kata Rina dalam siaran pers yang diterima SINDOnews, Minggu (2/6/2019).

Tahap pertama, seleksi berupa Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) mandiri melalui perangkat Android. Tes ini terbagi menjadi dua ujian, yakni Tes Kompetensi Akademik (TPA) dan Tes Kompetensi Skolastik (TPS).

Tes Potensi Akademik akan mengujikan mata pelajaran yang sesuai kelompok ujian yang dipilih. Seperti matematika saintek, fisika, biologi, dan kimia untuk kelompok saintek, serta matematika soshum, geografi, sejarah, sosiologi, dan ekonomi untuk kelompok soshum.

Sementara TPS akan menguji kemampuan pengetahuan, pemahaman, dan penalaran umum, kuantitatif, serta kemampuan untuk memahami bacaan menulis.

Setelah dinyatakan lulus seleksi tahap pertama, peserta harus mengikuti seleksi tahap kedua berupa tes TOEFL dan wawancara dengan model wawancara mini (MMI).

Selain itu, ada pula tes khusus yang dilakukan oleh fakultas tertentu, yaitu tes Minessota Multiphasic Personality Inventory (MMPI) untuk Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi, serta tes kemampuan renang untuk Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.

Menurut Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Arry Bainus, pendaftaran Jalur Mandiri dibuka mulai 17 Juni hingga 30 Juni 2019. Peserta bisa mengakses informasi pendaftaran pada laman http://smup.unpad.ac.id/. Biaya pendaftaran untuk Jalur Mandiri adalah sebesar Rp500.000, dan Rp600.000 untuk program studi yang memerlukan tes khusus.

Pelaksanaan ujian tahap satu dilaksanakan pada 6–7 Juli, sedangkan pengumuman dilakukan pada 11 Juli. Sementara ujian tahap dua dilaksanakan pada 13–14 juli dan tes khusus dilaksanakan pada 15–16 Juli. Pengumuman kelulusan Jalur Mandiri akan dibuka pada 18 Juli 2019.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3812 seconds (0.1#10.140)