alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Macan Kumbang yang Berkeliaran di Permukiman Warga Subang Berhasil Ditangkap

Didin Jalaludin
Macan Kumbang yang Berkeliaran di Permukiman Warga Subang Berhasil Ditangkap
Macan kumbang yang berkeliaran di Kampung Cimalingping, Desa Sindangsari, Kecamatan Kasomalang, Kabupaten Subang, Jawa Barat, berhasil ditangkap. Istimewa

SUBANG - Seekor macan kumbang masuk permukiman di Kampung Cimalingping, Desa Sindangsari, Kecamatan Kasomalang, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Diduga, hewan buas itu turun dari gunung untuk mencari makan.

Menurut warga, macan yang masuk ke permukiman warga itu jenis macan kumbang, karena badannya berwarna hitam pekat. "Sepertinya macan kumbang dewasa, badannya sudah sebesar domba (kambing). Mungkin, penyebab binatang buas masuk permukiman ini bisa saja karena persediaan makanan di hutan sudah menipis," kata Engkos (41) warga setempat yang ikut memburu bersama warga lainnya, Sabtu (1/6/2019).

Macan itu diketahui sudah ada di permukiman sekitar pukul 07.00 WIB. Sebelumnya, warga mengira binatang itu adalah anjing. Namun, setelah didekati ternyata sekor macan kumbang.



Setelah mengetahui ada macan, warga berdatangan dan memburu macan tersebut dengan membawa alat seadanya, seperti golok, bambu, hingga senapan angin. Perburuan itu membuat macan ketakutan dan sempat masuk ke rumah warga melalui jendela.

Danramil Jalancagak Kapten Inf Supriyono saat dihubungi membenarkan peristiwa ini. Bahkan, dirinya bersama anggotanya termasuk dari Polri ikut melakukan perburuan setelah warga menemukan adanya seekor macan berkeliaran di halaman rumah warga itu.

"Kami meminta agar warga tidak membunuh macan tersebut. Karena ini masuk binatang dilindungi. Untuk itu penangkapan saat ini melibatkan petugas yang berkompeten, terutama dari Polhut atau BKSDA," kata Kapten Inf Supriyono.
Seekor macan kumbang masuk permukiman warga di Kampung Cimalingping, Desa Sindangsari, Kecamatan Kasomalang, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Sabtu (1/6/2019). Istimewa
Keberadaan macan ini membuat warga ketakutan. Mereka khawatir jika macan itu belum tertangkap akan membahayakan keselamatan penduduk. Saat upaya penangkapan macan kumbang ini berlangsung banyak warga yang mengabadikannya melalui kamera handphone. Bahkan dari beberapa rekaman video yang viral di media sosial menujukan keberadaan macan tersebut berlari menghindari kepungan warga.

Perkembangan terakhir, macan kumbang yang masuk permukiman di Subang itu berhasil ditangkap. Penangkapan memakan waktu cukup lama. Warga dibantu anggota TNI/Polri kesulitan melakukan penangkapan karena keterbatasan peralatan. Hingga akhirnya petugas dari Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Barat datang dan berhasil melumpuhkan macan itu dengan alat bius.

"Macan kumbang yang sudah terkulai lemas itu kemudian dibawa ke BKSDA Bandung. Alhamdulillah kondisi macan bagus, tidak ada luka sedikit pun," kata Yudi (37) warga setempat.



(zik)