Tips agar Tetap Sehat Selama Mudik Lebaran

Sabtu, 01 Juni 2019 - 07:50 WIB
Tips agar Tetap Sehat Selama Mudik Lebaran
Kendaraan pemudik memadati jalur Pantura nontol di kawasan Klari, Karawang, Jawa Barat, Kamis (30/5/2019). Foto/SINDO/Adam Erlangga
A A A
JAKARTA - Musim mudik Lebaran Idul Fitri telah tiba. Bagi Anda yang ingin mudik, persiapkan diri dengan baik agar tiba di tujuan dalam keadaan sehat dan selamat.

Nah, agar Anda tetap sehat selama mudik ke kampung halaman dan terhindar dari penyakit, Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof Ari Fahrial Syam memberikan beberapa tips yang bisa Anda terapkan. Berikut ulasannya seperti dikutip dari blog resmi Prof Ari Fahrial Syam.

1. Istirahat cukup sebelum berangkat, terutama bagi pemudik yang menggunakan jalan darat, mengingat waktu sampai ketempat tujuan tidak bisa diprediksi.

2. Bagi pemudik yang memang kebetulan membawa kendaraan sendiri, sebaiknya ada beberapa anggota keluarga yang siap membawa kendaraan secara bergantian.

3. Manfaatkan tempat istirahat untuk bisa melakukan olahraga kecil dan bisa melakukan gerakan relaksasi khususnya kaki, tangan, dan leher.

4. Manfaatkan juga tempat istirahat untuk bisa buang air kecil agar jangan sampai menahan kencing yang akan berakibat pada infeksi saluran kencing.

5. Bagi para pemudik yang tetap ingin melakukan ibadah puasa, diusahakan agar perjalanan mudik pada saat sehabis buka.

6. Jangan membeli makanan dan minuman di pinggir jalan mengingat kualitas makanan dan minuman yang belum tentu terjaga dengan baik karena selalu terpapar dengan panas. Terutama untuk makanan dan minuman rumahan (hand made).

7. Bagi para pemudik yang akan membawa makanan untuk bekal selama perjalanan, usahakan membawa makanan kering. Jika tetap juga ingin membawa bekal makanan selama perjalanan, harus diperhatikan bahwa makanan basah atau nasi dan lauk pauk yang dibawa tidak dikonsumsi kurang dari 6—8 jam setelah pembuatan.

8. Jangan lupa membawa obat-obatan sederhana antara lain obat anti diare, obat sakit kepala, obat anti alergi, obat anti mual-muntah, khususnya untuk mencegah mabuk perjalanan serta obat sakit maag.

9. Jangan lupa membawa obat-obatan yang rutin dikonsumsi untuk penderita penyakit kronis. Misalnya, penderita kencing manis, hipertensi, penderita asma, kolesterol tinggi, dan asam urat.

10. Mudik pada malam hari merupakan pilihan yang tepat mengingat suhu udara yang lebih dingin dan perjalanan yang lebih lengang.

11. Hindari membawa barang bawaan berlebihan. Lebih baik barang bawaan khususnya oleh-oleh dipaketkan terlebih dahulu.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2174 seconds (0.1#10.140)