alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Dua Hari ke Depan Kecepatan Angin di Majalengka dan Sumedang Meningkat

Inin Nastain
Dua Hari ke Depan Kecepatan Angin di Majalengka dan Sumedang Meningkat
Sasak warna di Majalengka, Jabar. Foto/Dok SINDOnews

MAJALENGKA - Kecepatan angin di wilayah Ciayumajakuning dan Sumedang pada dua hari ke depan diperkirakan mengalami peningkatan. Kondisi itu dipicu oleh beberapa faktor, di antaranya adanya perbedaan tekanan udara yang cukup signifikan di wilayah Utara dan Selatan ekuator.

Prakirawan BMKG Stasiun Meterologi Jatiwangi Ahmad Faa Iziyn mengatakan, semakin tinggi selisih tekanan udara antara dua daerah tersebut, kecepatan gerak massa udara (angin) juga akan semakin tinggi.

"Dari analisis data tekanan udara dan angin gradien BOM 31 Mei 2019 jam 00 UTC, pusat tekanan tinggi di selatan sebesar 1035 hPa (Australia), sedangkan pusat tekanan udara rendah di utara 998 hPa (Siberia), ditambah munculnya gangguan cuaca berupa pola siklonik di wilayah Aceh," kata dia, Jumat (31/5/2019).



Hal itu, jelas Faiz, berpengaruh kepada peningkatan kecepatan angin terutama wilayah selatan ekuator, termasuk wilayah Ciayumajakuning dan Sumedang. Berdasarkan hasil pengamatan Stasiun Meteorologi Jatiwangi, ungkap dia, di wilayah Majalengka arah kecepatan angin permukaan umumnya dari arah Tenggara hingga Selatan, dengan kecepatan maksimum mencapai 45 kilometer per jam. "Ini berdasar pos pengamatan Kertajati," kata Faiz. 



(zik)