Majalengka Masuk Nominasi Pemilihan Kabupaten/Kota Kreatif

Jum'at, 31 Mei 2019 - 01:30 WIB
Majalengka Masuk Nominasi Pemilihan Kabupaten/Kota Kreatif
Tangkapan layar Instagram @bekrafid.
A A A
MAJALENGKA - Geliat ekonomi kreatif di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat dalam beberapa tahun terakhir mendapat respons positif dari pemerintah pusat. Kabupaten berjuluk Kota Angin itu menjadi satu-satunya daerah di Jawa Barat yang masuk nominasi pemilihan kabupaten/kota kreatif Indonesia.

Dalam unggahan BEKRAF di medsos Instagram, bersama sembilan daerah lainnya Kabupaten Majalengka telah menjalani tahapan, hingga akhirnya masuk ke dalam 10 kabupaten/kota yang masuk nominasi.

"Berdasarkan hasil seleksi oleh tim Bekraf untuk Kabupaten/Kota yang telah melakukan uji petik Penilaian Mandiri Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia (PMK3I) pada tahun 2016-2018, 10 Kabupaten/Kota telah terpilih sebagai nominasi penetapan status Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia," demikian tulis akun bekrafid itu.

Nantinya, tim Bekraf akan bertemu dengan empat aktor (Komunitas Kreatif, OPD, Akademisi, dan Pelaku Bisnis) dalam kegiatan workshop terkait dengan subsektor ekonomi kreatif di Kabupaten/Kota antara tanggal 10 hingga 17 Juni 2019.

"Proses seleksi yang dilakukan oleh tim gabungan PMK3I, KaTa Kreatif, dan Asesor masih terus berlangsung hingga akhirnya mencapai output terpilihnya 4 Kabupaten/Kota Kreatif 2019," jelas akun tersebut, Rabu (29/5/2019).

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Parbud) Kabupaten Majalengka Gatot Sulaeman mengatakan, apa yang diraih itu tidak terlepas dari kolaborasi yang terjalin baik antara berbagai pihak. Dia berharap, penghargaan itu bisa memacu ke arah yang lebih baik lagi di masa yang akan datang.

"Kami bersyukur karena atas kiprah para pegiat subsektor EKraf (ekonomi kreatif) yang ada di Majalengka dan berkat kerja sama, kolaborasi dan sinergi bersama pemerintah daerah dan unsur lainnya (akademisi, sektor bisnis/swasta, komunitas, pemerintah dan media) kita dapat menjadi salah satu nominasi," kata dia.

"Semoga dengan semangat dan niat kebersamaan semuanya, EKraf Majalengka akan semakin maju," lanjut Gatot.

Kabupaten Majalengka akan bersaing dengan empat kabupaten/kota lainnya di Jawa yakni Kota Semarang, Kabupaten Rembang, Kota Surakarta, dan Kota Malang. Di luar Pula Jawa, ada Kota Palembang, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kota Balikpapan, Kabupaten Gianyar, dan Kota Denpasar.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3378 seconds (0.1#10.140)