Sidak 2 Pasar di Kota Bandung, Mendag Pastikan Stok Kepokmas Aman

Kamis, 30 Mei 2019 - 15:07 WIB
Sidak 2 Pasar di Kota Bandung, Mendag Pastikan Stok Kepokmas Aman
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita saat sidak di Pasar Cicadas, Kota Bandung, Jabar. Foto/SINDOnews/Agus Warsudi
A A A
BANDUNG - Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) di dua pasar di Kota Bandung, yakni Pasar Cicadas dan Kosambi, Kamis (30/5/2019). Dari hasil pengecekan tersebut, Enggar memaatikan ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat (kepokmaa) aman. Tak terjadi lonjakan harga.

Mendag juga mengapresiasi Satgas Pangan dan satuan tugas lainnya, yang turut menjaga kestabilan harga bahan pokok. Sidak dilakukan untuk mengecek harga bahan pokok menjelang Lebaran 2019.

"Kami lihat stok beras berlebih, tidak ada kekhawatiran. Yang biasanya fluktuasi itu daging, tapi daging juga aman harganya Rp115 ribu dari biasanya Rp120 ribu. Dijamin pemda stok siap, RPH (rumah potong hewan) siap untuk menyalurkan dan menggelontorkan sesuai kebutuhan menjelang Lebaran," kata Enggar di sela-sela sidak.

Kemudian, ujar Mendag, harga bawang putih sudah turun, normal. Bahkan harganya di bawah dari apa yang ditarget minimal Rp35 ribu. "Saat ini harga bawang putih sudah di bawah dan ini pasti masuk lagi sehingga jumlah cukup," ujar dia.

Enggar juga mengecek harga daging ayam. Menurut Enggar, harga daging ayam di Pasar Cicadas ada kenaikan namun tidak signifikan. "Ini sangat dilematis. Beberapa waktu lalu beberapa kali peternak datang ke kantor menyampaikan keluhan memberikan data mereka mengalami kerugian cukup besar karena harga turun drastis menyangkut telur dan daging ayam," tutur Enggar.

Menurut Enggar, harus ada keseimbangan antara pasokan dengan harga. Dengan begitu, bahan pokok tidak impor meskipun sebenarnya harus impor. "Karena neraca perdagangan terganggu dan yang lebih utama kita harus memperhatikan petani. Bagaimana mendorong petani benar-benar tertarik untuk menanam," katanya.

Enggar meminta sinergitas tersebut terus dipertahankan. Dalam kurun waktu 3 tahun terakhir, saat menjelang Lebaran, harga bahan pokok terus terjaga. "Tadi lihat ibu-ibu tersenyum bahagia tidak perlu berpikir biaya tambahan dan bisa melaksanakan ibadah dengan khusyuk," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Enggar juga sempat menemui beberapa pedagang di Pasar Kosambi. Dia berbincang dengan para pedagang yang terkena dampak kebakaran pasar beberapa waktu lalu. "Nanti kita koordinasikan (merenovasi pasar yang terbakar)," pungkas Enggar.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3025 seconds (0.1#10.140)