Dua Lahan Kosong di Cipadung dan Arcamanik Terbakar

Minggu, 19 Agustus 2018 - 22:48 WIB
Dua Lahan Kosong di Cipadung dan Arcamanik Terbakar
Petugas Diskar PB Kota Bandung berjibaku memadamkan api yang membakar lahan kosong di Cipadung. Foto: ISTIMEWA
A A A
BANDUNG - Lahan kosong yang tumbuhi alang-alang dan semak belukar seluas 950 meter persegi milik Tanrise City Cipadung Bandung di Jalan AH Nasution Nomor 24, RT 01/01, Kelurahan Cigending, Kecamatan Ujungberung, terbakar tadi petang.

Dalam waktu hampir bersamaan, lahan kosong milik pengembang asal Jakarta, seluas 6.000 meter persegi di Jalan Anthorium Raya, RT 04/04, Kelurahan Cisaranten Kulon, Kecamatan Arcamanik, juga dilalap si jago merah.

Tim pemadam dari Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung menerjunkan sembilan unit mobil pancar untuk memadamkan api yang berkobar di lahan kosong di Cipadung.

Petugas berupaya keras menjinakkan api agar tak merembet dan semakin meluas. Sebab, lahan kosong tersebut tak jauh dari permukiman warga dan pabrik tekstil.

Beruntung upaya keras petugas Diskar PB Kota Bandung, api yang mengamuk dapat dipadamkan sekitar pukul 17.15 WIB. Api benar-benar bisa padam sekitar pukul 18.30 WIB.

Setelah itu, petugas Diskar PB melakukan pendinginan dengan menyemprotkan air ke area yang masih mengepulkan asap agar bara api tak lagi menyulut kebakaran baru. Apalagi saat kejadian, angin bertiup cukup kencang.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Humas Pemkot Bandung, lahan yang terbakar hanya 200 meter persegi dari total luas lahan kosong tersebut, 950 meter persegi.

Sementara, di Jalan Anthorium Raya, Arcamanik, petugas Diskar PB berhasil menjinakan dan memadamkan api sekitar pukul 19.30 WIB. Berkat kesigapan petugas, juga, lahan yang hangus terbakar hanya sekitar 1.000 meter persegi dari total luas lahan 6.000 meter persegi.

Kepada media, Kepala Bidang Kesiapsiagaan Operasi Pemadaman dan Penyelamatan Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung Kurnia Saputra mengatakan, agar kebakaran tak meluas, petugas memblokade api. Upaya ini berhasil sehingga lahan yang terbakar hanya sebagian.

Sementara itu, Kepala Diskar PB Kota Bandung Ferdi Ligaswara mengemukakan, pemicu api penyebab kebakaran diduga dari pembakaran sampah yang tak jauh dari lokasi kebakaran. “Api penyebab kebakaran diduga dari percikan api pembakaran sampah,” kata Ferdi kepada wartawan.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8188 seconds (0.1#10.140)