Merpati Putih Sukses Gelar Atraksi Spektakuler di Bandung dan Cirebon

Minggu, 19 Agustus 2018 - 15:45 WIB
Merpati Putih Sukses Gelar Atraksi Spektakuler di Bandung dan Cirebon
Pematahan 73 cor hebel oleh AKBP A Hermawan di Bandung (foto kiri). Wakil Wali Kota Cirebon H Eti Herawati saat menyalami atlet Merpati Putih yang atraksi getaran (foto kanan). Istimewa
A A A
BANDUNG - Persatuan Pencak Silat Beladiri Tangan Kosong (PPS BETAKO) Merpati Putih sukses menggelar acara spektakuler Semarak Serentak untuk Indonesia Jaya di Bandung dan Cirebon untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI Ke-73. Acara dengan Motto, 'Merpati Putih yang Mandiri, Berdaulat dan Bermartabat' juga digelar serentak di enam kota lainnya pada Minggu pagi (19/8/2018).
Merpati Putih Sukses Gelar Atraksi Spektakuler di Bandung dan Cirebon

Ketua Pengurus Daerah (Pengda) MP Jawa Barat, Yuwono Darpito Hudoyo mengatakan, acara Spektakuler di Jawa Jawa Barat sukses digelar di Bandung dan Cirebon. "Acara ini menurutnya adalah wujud dari pengabdian kami kepada perguruan dan NKRI dengan menampilkan 17 Pesilat, melambangkan tanggal kemerdekaan, 45 sasaran melambangkan tahun kemerdekaan, delapan Kota, melambangkan bulan kemerdekaan dan pematahan 73 beton cor, melambangkan Ulang Tahun NKRI," kata Yuwono kepada SINDOnews, Minggu (19/8/2018).
Merpati Putih Sukses Gelar Atraksi Spektakuler di Bandung dan Cirebon

Ketua Cabang Kota Cimahi Dadan Setiawan mengatakan, pembukaan Acara Semarak di Bandung dilaksanakan di Lapangan Brigif 15 Kujang II/Siliwangi yang ditandai dengan pematahan gagang pompa dragon secara simbolis oleh Danbrigif 15 Kolonel Inf Mochamad Arief Hidayat dan penembakan balon gas oleh tim getaran yang akan terbang ke angkasa dengan membawa Tulisan "DIRGAHAYU RI KE 73".


"Sebelum acara utama pematahan 73 beton cor oleh AKBP Andi Hermawan anggota dari Cabang Cimahi, kami juga menampilkan beberapa atraksi kolosal tatagerak yang melibatkan ratusan pesilat yang membentuk formasi angka tujuh dan tiga dan atraksi getaran tutup mata melewati halang rintang, tebak warna dan naik sepeda motor," ujar Mas Dadan Setiawan.
Sedangkan di Kota Cirebon diawali devile oleh 3-5 Pendekar Merpati Putih dengan mata tertutup mengelilingi Padepokan Merpati Putih di Cirebon yang berlokasi di Kompleks Stadion Olahraga Bima sekitar 1 kilometer dan diikuti 50 pendekar cilik sambil melambaikan bendera merah.

Wakil Wali Kota Cirebon H Eti Herawati mengapresiasi, Atraksi Serentak Semarak untuk Indonesia Jaya dalam rangka HUT RI Ke-73. "Acara ini membanggakan kita semua karena merpati putih adalah beladiri asli Bangsa Indonesia yang harus dilestarikan. Saya senang dan bangga melihat penampilan anak-anak kita memperagakan jurus-jurus dan mematahkan benda keras dan getaran tutup mata," ujar H Eti yang baru diangkat sebagai pembina Merpati Putih Cabang Cirebon ini.

Sementara Ketua Cabang Cirebon Aman Trenggono mengatakan, setelah tiba di lokasi ditampilkan tatagerak Merpati Putih dan jurus tunggal IPSI dan atraksi lainnya. "Kemudian barulah dilakukan pematahan 45 sasaran ekstrem oleh 17 pendekar dan pematahan beton cor 73 rangkap dengan ketinggian 7 meter oleh Mas Suparlan, Pendekar Merpati Putih yang berusia 73 tahun, pelatih di Kesatuan Arhanudse,” jelas Aman.

Terpisah Pewaris PPS Betako Merpati Putih (MP) Amos Priyono Tri Nugroho mengatakan aksi yang dilakukan anggotanya ini dalam rangka menyemarakan HUT Kemerdekaan RI Ke-73.

"Sesuai tema acara Merpati Putih kita sukses menggelar acara spekrakuler serentak di delapan kota, Bandung, Cirebon, Jakarta, Mimika Papua, Surabaya, Solo, Banyumas dan Makassar hal ini sesuai moto Merpati Putih Berdaulat dan bermartabat. Saya berharap moment ini memberikan semangat kepada semua anggota Merpati Putih dan memberikan karya nyata untuk bangsa dan perguruan," papar Amos.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8312 seconds (0.1#10.140)