Tol Cisumdawu Dibuka untuk Kurangi Kepadatan di Cadas Pangeran

Selasa, 28 Mei 2019 - 15:40 WIB
Tol Cisumdawu Dibuka untuk Kurangi Kepadatan di Cadas Pangeran
Kapolres Sumedang AKBP Hartoyo memberikan keterangan seusai meninjau kesiapan ruas jalan Tol Cisumedawu digunakan untuk mudik dan balik lebaran. Foto/Istimewa/Bid Humas Polda Jabar
A A A
BANDUNG - Pemprov Jawa Barat memastikan ruas Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) bakal dibuka bagi para pemudik. Namun, mengingat pembangunan tol tersebut belum rampung, kecepatan maksimal dibatasi 50 kilometer/jam.

Kepastian tersebut disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar Iwa Karniwa. Menurut Iwa, dibukanya ruas Tol Cisumdawu bertujuan untuk mengurangi tumpukan kendaraan dari Bandung menuju Sumedang, Majalengka, Cirebon, dan Jawa Tengah kerap terjadi di Jalan Cadas Pangeran.

"Traffic jam-nya di situ (Jalan Cadas Pangeran), paling padat lah. Sebagian ruas tol (Cisumdawu) jadi alternatif, dari Rancakalong ke Sumedang," ujar Iwa di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Selasa (28/5/2019).

Menurut Iwa, kesiapan jalur dan kelengkapannya kini terus disiapkan secara intensif oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Jabar dan pihak kepolisian. Puncak arus mudik di wilayah itu, kata Iwa, diprediksi terjadi pada H-4 Lebaran. "Sekarang masih diperiksa karena kan harus memperhatikan aspek keselamatan, tapi sejauh ini bisa dilalui," katanya.

Sementara itu, Dirlantas Polda Jabar M Aris menerangkan, akses Tol Cisumdawu yang dibuka pada musim mudik tahun ini hanya sepanjang 5,5 kilometer, tepatnya dari wilayah Pamulihan hingga Rancakalong, Kabupaten Sumedang.

Namun, dia menyebutkan sejumlah catatan bagi pemudik yang akan menggunakan ruas tol tersebut. Pertama, tidak semua kendaraan bisa melintas. "Mobil besar dan sepeda motor tidak bisa mengakses jalan tersebut," ujarnya.

Catatan lainnya, yakni kecepatan kendaraan yang melintas ruas tol tersebut terbatas mengingat sarana dan prasarana pendukung tol yang belum sepenuhnya siap. "Hanya dipasang sedikit ditambah rambu-rambu. Kecepatannya terbatas. Jadi paling cepat nanti 40-50km/jam," jelasnya. (Baca Juga: Mau Mudik Lewat Tol Cisumdawu? Ini Batas Kecepatan Kendaraan Anda(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.9466 seconds (0.1#10.140)