3 BUMN di Karawang Gelar Mudik Gratis

Selasa, 28 Mei 2019 - 13:18 WIB
3 BUMN di Karawang Gelar Mudik Gratis
Istimewa
A A A
KARAWANG - Ribuan orang akan mengikuti mudik gratis yang diselenggarakan sejumlah BUMN yang beroperasi di Karawang, mulai 30 Mei hingga 1 Juni 2019. Tiga BUMN yaitu BPJS, Peruri, dan Pupuk Kujang akan mengangkut warga Karawang yang akan mudik gratis ke wilayah Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jawa Timur.

"Berdasarkan laporan saat ini ada tiga BUMN yaitu BPJS, Peruri, dan Pupuk Kujang yang akan menyelenggarakan mudik gratis bagi warga Karawang. Titik pemberangkatannya ada tiga tempat yaitu untuk BPJS berangkat dari Plaza Pemda Karawang, Peruri dan Pupuk Kujang keberangkatannya di lingkungan perusahaan masing-masing. Menjelang keberangkatan sudah sekitar 2.700 orang yang mendaftar untuk ikut mudik gratis melalui tiga BUMN tersebut," kata Kabid Angkutan dan Sarana Dinas Perhubungan (Dishub) Karawang Rochman, Selasa (28/5/2019).

Menurut Rohman, untuk sementara ini ada sebanyak 25 unit bus yang sudah disiapkan oleh BPJS Karawang. Kemudian, Peruri menyiapkan 15 unit bus yang akan mengangkut pemudik, dan Pupuk Kujang sebanyak 6 unit bus. "Sementara ini ada 46 bus yang sudah disiapkan berdasarkan data jumlah pemudik yang mengikuti mudik gratis ini. Mungkin saja ada penambahan jumlah pemudik karena masih dalam proses pendataan," ujarnya.

Rochman mengatakan, mudik gratis yang diselenggarakan tiga BUMN ini akan mengangkut pemudik ke wilayah, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Untuk BPJS dan Peruri kebanyakan pemudik yang mengarah ke wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sedangkan untuk Pupuk Kujang mengambil jurusan Jawa Barat. "Jurusan yang diambil seluruhnya untuk wilayah Jawa saja tidak untuk daerah lain," katanya.

Kata Rochman, masing-masing BUMN sudah menetapkan persyaratan sendiri. Misal,BPJS mensyaratkan masyarakat yang akan ikut mudik harus memiliki kartu BPJS. Sedangkan Peruri dan Pupuk Kujang menyediakan bus gartis untuk masyarakat di sekitar perusahaan. "Mereka sendiri yang mengatur semuanya, kami hanya membantu saja," katanya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2523 seconds (0.1#10.140)