Jalur Mudik di Purwakarta Dipastikan Segera 'Caang'

Senin, 27 Mei 2019 - 14:02 WIB
Jalur Mudik di Purwakarta Dipastikan Segera Caang
Salah satu sudut taman kota di Kabupaten Purwakarta yang menggunakan PJU untuk penerangan. Dalam waktu dekat, program penerangan jalan mulai difokuskan di jalur mudik. Foto/Istimewa
A A A
PURWAKARTA - Dinas Tata Ruang dan Pemukiman (Distarkim) Kabupaten Purwakarta, memastikan semua jalur mudik di wilayahnya, sudah caang (terang benderang) saat malam hari.

Kepala Distarkim Kabupaten Purwakarta, Agung Wahyudi mengatakan, saat ini instansinya terus memperbaiki fasilitas penerangan jalan umum (PJU) di semua jalur yang ada, termasuk, yang dilintasi pemudik.

"Petugas kami sampai saat ini terus menyisir seluruh jalur yang ada untuk mencari PJU yang kondisinya rusak supaya bisa segera diperbaiki," kata Agung, Senin (27/5/2019).

Di bagian lain, Kabid Pertamanan dan PJU Distarkim Purwakarta Kosasih menjelaskan, hasil inventarisasi jajarannya, terdapat 900 dari dari 3.600 PJU yang tersebar di seluruh jalur yang mengalami kerusakan. Tingkat kerusakan yang bervariasi, seperti lampu yang tak menyala.

"Untuk 900 titik PJU yang teridentifikasi rusak ini, terdapat di jalur perkotaan dan perdesaan. Sejauh ini, kita telah memperbaiki 800 titik. Sisanya kami pastikan bisa diperbaiki sebelum pelaksanaan mudik," jelas dia.

Dia menjelaskan, untuk perbaikan dan pemeliharaan PJU tersebut, alokasi anggaran tahun ini Rp400 juta. Selain perbaikan, tahun ini pun sudah dianggarkan Rp600 juta untuk penambahan PJU baru.

"Tahun ini, kami akan tambah 76 PJU baru. Untuk titiknya masih kami survei. Untuk yang baru, kemungkinan akan dipasang setelah Lebaran," katanya.

Pada umumnya jalan kabupaten di Purwakarya sudah terpasang PJU. Namun, memang ada beberapa jalan perdesaan yang masih gelap gulita. Ke depan pihaknya memastikan jalur-jalur yang belum tersentuh PJU bisa segera dipasang.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5985 seconds (0.1#10.140)