Pemkab Pangandaran Siapkan 28 Pos Kesehatan Mudik

Senin, 27 Mei 2019 - 13:40 WIB
Pemkab Pangandaran Siapkan 28 Pos Kesehatan Mudik
Pos Kesehatan Mudik Lebaran Tahun 2018. Foto/Dok/Istimewa
A A A
PANGANDARAN - Menjelang mudik Lebaran 2019, Pemerintah Kabupaten Pangandaran menyiapkan 28 Pos Kesehatan. 28 Pos Kesehatan tersebut bakal ditempatkan di jalan protokol, jalan non-protokol, dan jalan lokasi objek wisata.

"Untuk jalan protokol akan dibangun 9 Pos Kesehatan, jalan non-protokol 6 Pos Kesehatan, dan tempat wisata 11 Pos Kesehatan," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran Yani Achmad Marzuki, Senin (27/5/2019).

Yani menambahkan, rencananya akan dibangun 2 Pos Kesehatan Terpadu. "Selama mudik sebelum dan sesudah Idul Fitri kami bakal menurunkan 171 tim medis," ujarnya.

Selain tim medis, Pemkab Pangandaran juga bakal menurunkan 24 dokter dan 108 perawat. "Untuk mobil ambulans kami siapkan 24 unit beserta sopir juga 6 unit motor operasional dan 15 tim monitoring," jelas Yani.

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata menginstruksikan seluruh OPD untuk melakukan koordinasi. "Pangandaran ini sebagai tempat tujuan wisata dunia, sudah sepantasnya mempersiapkan diri untuk menghadapi libur Lebaran yang cukup panjang," kata Jeje.

Setiap Lebaran, pengunjung akan mengalami kenaikan. Untuk itu, perlu ada penanganan dari semua sektor dan pengamanannya. "Yang paling harus diperhatikan adalah masalah pengaturan lalu lintas, baik di kawasan objek wisata, maupun di jalan raya," katanya.

Biasanya, saat musim libur, tingkat kemacetan di tempat wisata tinggi karena kapasitas jalan yang tidak mampu menampung kendaraan wisatawan. "Lahan parkir yang terbatas selalu menjadi masalah setiap liburan. Kita tidak lagi mengijinkan masyarakat untuk memungut parkir sembarangan," tegas Jeje.

Jeje mengatakan, jangan sampai ada penarikan parkir di sembarang tempat. Jika warga berniat menyediakan lahan parkir di lahan pribadi, wajib menempuh perizinan ke Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD).
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.7864 seconds (0.1#10.140)