Satnarkoba Polrestabes Bandung Gelar Tes Urine di Terminal Cicaheum

Senin, 27 Mei 2019 - 13:17 WIB
Satnarkoba Polrestabes Bandung Gelar Tes Urine di Terminal Cicaheum
Satuan Reserse Narkoba (Satnarkoba) Polrestabes Bandung bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Bandung, melakukan tes urine terhadap sopir dan kondektur bus di Terminal Cicaheum, Kota Bandung, Senin (27/5/2019). Foto/SINDOnews/Agus Warsudi
A A A
BANDUNG - Satuan Reserse Narkoba (Satnarkoba) Polrestabes Bandung bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Bandung, melakukan tes urine terhadap sopir dan kondektur bus antarkota antarprovinsi dan antarkota dalam provinsi (AKAP dan AKDP) di Terminal Cicaheum, Kota Bandung, Senin (27/5/2019).

Tes urine berkaitan dengan persiapan arus mudik dan balik Lebaran 2019. Kegiatan ini juga untuk menekan penyalahgunaan narkoba di kalangan sopir bus dan angkutan umum.

"Guna memberikan pelayanan prima saat arus mudik nanti, kami cek kesehatan mereka (sopir dan kondektur)," kata Kasat Narkoba Polrestabes Bandung AKBP Irfan Nurmansyah di sela-sela pemeriksaan.

Pantauan di Terminal Cicaheum, para sopir dan kondektur bus satu per satu diperiksa polisi dan BNN. Mereka diminta memberikan sampel urine untuk diperiksa. "Kami juga memeriksa kesehatan fisik mereka. Kami beri vitamin agar kondisi supir jangan sampai lemah," ujar Irfan.

Jika ada sopir yang positif narkoba dan kondisi kesehatan menurun, Polrestabes Bandung akan meminta yang bersangkutan untuk tidak membawa kendaraan. Selain itu meminta pihak terminal untuk mencabut izin sopir tersebut. "Sejauh ini temuan belum ada. Namun jika di ditemukan, yah jangan diizinin, jangan sampai dipaksakan lah," tuturnya.

Irfan mengungkapkan, sebagian besar kecelakaan lalu lintas terjadi karena human error, sopir terpengaruh narkoba, obat terlarang, dan lemahnya fisik. "Kebanyakan kan kecelakaan itu karena sopirnya ngantuk. Kami antisipasi hal itu dengan melakukan pengecekan ini."
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 6.3809 seconds (0.1#10.140)