alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Arus Mudik dari Bandung Diprediksi Mulai Pekan Depan

Arif Budianto
Arus Mudik dari Bandung Diprediksi Mulai Pekan Depan
Foto/SINDONews/Dok/Ilustrasi

BANDUNG - Arus mudik Lebaran 2019 dari Bandung ke sejumlah daerah dan provinsi di Indonesia diperkirakan bakal mulai menggeliat pertengahan pekan depan.

Saat ini, pengelola terminal bus dan kereta api telah menyatakan kesiapannya menyambut arus mudik.

Kepala Terminal Cicaheum Roni Hermanto memprediksi, arus mudik dari Bandung baru akan terasa menggeliat mulai pekan depan. Masyarakat diperkirakan mulai pulang kampung pada tanggal 29 atau 30 Mei, bertepatan libur tanggal merah kenaikan Isa Almasih.



“Saat itu mulai ada arus mudik, tapi belum terlalu signifikan. Kami memprediksi, pemudik yang menggunakan bus akan mencapai puncaknya pada H-3 atau H-2 Lebaran,” kata Roni, Minggu (26/5/2019).

Menurut dia, pemudik dari terminal Cicaheum untuk bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) mayoritas menuju ke wilayah timur, seperti Yogyakarta, Wonosobo, Banjarnegara, Purwokerto, Solo, dan lainnya.

Sementara bus atau angkutan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) untuk tujuan Tasikmalaya, Banjar, Pangandaran, Ciamis, Cirebon, Semarang, Indramayu, dan lainnya.

“Armada sudah siap. Tahun ini ada 203 bus yang siap beroperasi melayani pemudik. Sekitar 20 bus adalah bus cadangan, mengantisipasi bila terjadi lonjakan penumpang. Bus tersebut sewaktu waktu bisa dijalankan,” ujar Roni.

Hal senada juga disampaikan Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 2 Bandung Noxy Citrea Bridara. Noxy mengatakan, arus mudik dari Stasiun Bandung dan stasiun lainnya di wilayah Daop 2 Bandung mulai 29 Mei 2019.

Hal itu tampak pada manifes perjalanan penumpang. Dia memprediksi, puncak arus mudik terjadi padai H -5 atau 31 Mei. Di mana, load factor penumpang pada tanggal tersebut cukup tinggi. Pada tanggal tersebut, PT KAI juga telah mengerahkan KA tambahan. Total ada 4 perjalanan KA tambahan dari Stasiun Bandung.

“Sampai saat ini, tingkat keterisian kursi untuk semua perjalanan KA dari Daop 2 di atas 70%. Mayoritas perjalanan ke arah timur seperti tujuan Surabaya, Gubeng,” katanya.

Ketika ditanya kesiapan PT KAI, dia mengalami, PT KAI Daop 2 Bandung menyatakan kesiapannya menghadapi angkutan Lebaran 2019. Berbagai persiapan dan perbaikan sarana prasarana telah dilakukan jauh jauh hari.



(awd)