Personel Polres Bandung Dilatih Penanganan Pasien Gawat Darurat

Sabtu, 25 Mei 2019 - 22:51 WIB
Personel Polres Bandung Dilatih Penanganan Pasien Gawat Darurat
Menjelang pelaksanaan Operasi Ketupat Lodaya 2019, personel Polres Bandung berlatih penanganan pasien gawat darurat. Foto/Istimewa/Bid Humas Polda Jabar
A A A
BANDUNG - Tim Urusan Kesehatan (Urkes) Bag Sumda Polres Bandung menggelar pelatihan penanganan pasien gawat darurat bagi personel Satuan Lalu Lintas (Satlantas) yang akan bertugas dalam Operasi Ketupat Lodaya 2019, Sabtu (25/05/2019).

Pelatihan penanganan pasien gawat darurat itu dilaksanakan di lapangan Mapolres Bandung.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, tujuan pelatihan penanganan pasien gawat darurat ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada personel lalu lintas untuk menghadapi situasi darurat saat Operasi Ketupat Lodaya 2019 berlangsung.

"Setiap personel yang mengikuti pelatihan langsung memperhatikan dan menanyakan apa saja yang menjadi kendala jika terjadi di lapangan, seperti kejadian laka lantas (kecelakaan lalu lintas)dan lain sebagainya," kata Truno.

Kepala Urkes Porles Bandung dr Leny Marliantiny mengemukakan, pelatihan penanganan pasien gawat darurat, diawali dengan memeriksa kondisi lapangan sebelum menolong korban dan memastikan situasi benar-benar aman bagi personel, korban dan masyarakat sekitar lokasi kajadian.

Kemudian, personel memeriksa kondisi korban, resutitasi jantung paru-paru, buka jalan napas korban, pemberian napas buatan, pembingkaian kaki dan tangan kepada korban yang mengalami patah tulang, membalut korban yang mengalami luka di bagian kepala, dan keterampilan gawat darurat lainnya.

“Dengan pelatihan ini, personel Satlantas dapat mengaplikasikan ilmu dan keterampilannya di lapangan sehingga dapat mengurangi angka kejadian kematian di jalan raya, khususnya saat Ops Ketupat Lodaya 2019," ujar Leny.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.3742 seconds (0.1#10.140)