Perhatikan 6 Tips Aman Mudik Pakai Sepeda Motor

Jum'at, 24 Mei 2019 - 21:17 WIB
Perhatikan 6 Tips Aman Mudik Pakai Sepeda Motor
Pemudik menggunakan motor memadati jalan saat arus mudik lebaran 2018 lalu. Foto/SINDO/Dok
A A A
BANDUNG - Mudik menggunakan sepeda motor masih menjadi pilihan mayarakat Indonesia. Bagi Anda yang berniat mudik ke kampung halaman menggunakan sepeda motor, tak cukup hanya mempersiapkan materi dan kendaraan. Tetapi perlu persiapan lainnya agar selamat sampai tujuan.

Sebab, Anda harus tahu, berdasarkan data Polri, pengguna sepeda motor berkontribusi besar terhadap angka kecelakaan lalu lintas di jalanan. Oleh karena itu, perlu persiapan maksimal agar mudik Anda lancar dan selamat sampai di kampung halaman hingga kembali lagi ke kota asal.

Instruktur Safety Riding Center Adni Rahmat Ramli mengatakan,terdapat enam tips aman untuk mudiklebaran menggunakan sepeda motor. Tips tersebut diambil berdasarkan kebutuhan dan kondisi jalanan di Indonesia.

Pertama, menyiapkan rute. Saran ini menjadi komponen penting dalam mudik. Anda harus mencari tahu rute yang harus di lalui, baik rute utama atau rute alternatif. Mempelajari dan mengetahui rute, bisa dilakukan melalui google maps atau peta.

Kedua, cari teman. Bila Anda berniat mudik jarak jauh, Anda harus memikirkan mudik bersama teman. Mudik secara bersama-sama, akan memberi manfaat bila terjadi sesuatu yang tak diinginkan di jalanan. Terutama ketika kendaraan rusak di tengah hutan atau kawasan tanpa penduduk.

Ketiga, hindari mudik malam hari. Mudik malam hari memang cenderung lancar dan lengang. Karena titik keramaian di jalan tak seramai siang hari. Tetapi bagi pengendara motor, akan lebih baik bila berkendaraan siang hari. Hal ini karena bengkel sepeda motor sangat banyak dijumpai saat siang hari.

Keempat, cek kondisi kendaraan. Sepeda motor yang akan dibawa mudik, harus dicek kelaikannya. Apalagi bila kampung halaman Anda cukup jauh. Mengecek kondisi kendaraan meliputi kondisi mesin, rem, oli, ban, lampu-lampu, dan lainnya.

Kelima, jaga kesehatan. Berkendara menggunakan sepeda motor ratusan kilometer, diperlukan kondisi pengemudi yang fit dan prima. Tak ada salahnya sejak jauh jauh hari, berolahraga teratur agar kondisi badan tetap bugar. Saran terpenting adalah, berhenti berkendara setiap dua jam sekali.

Keenam, membawa barang secukupnya. Bila Anda memiliki sepeda motor besar, sarannya menyiapkan box belakang dan samping kanan dan kiri. Sehingga barang bawaan bisa masuk box. Sementara bagi Anda pemilik motor matic, bawalah barang secukupnya seperti ransel. Jangan membawa barang bawaan dnegan menambah menggunakan kayu di bagian belakang motor.

Demikian tips mudik aman versi Honda. Semoga mudik Anda yang yang telah dipesiapkan jauh-jauh hari lancar dan selamat.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.2046 seconds (0.1#10.140)