Porkab Jadi Ajang KONI KBB Seleksi Atlet Porda Jabar 2022

Jum'at, 24 Mei 2019 - 18:15 WIB
Porkab Jadi Ajang KONI KBB Seleksi Atlet Porda Jabar 2022
Ketua KONI KBB Rian Firmansyah. Foto/SINDOnews/Adi Haryanto
A A A
BANDUNG BARAT - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bandung Barat (KBB) bakal menjadikan Porkab sebagai ajang seleksi atlet untuk Porda 2022. Rencananya, Porkab ketiga akan digelar pada bulan November tahun ini dengan mengambil tempat di Kecamatan Padalarang sebagai tuan rumah dan open ceremony digelar di Lapangan Pusdikav.

"Kami sedang melakukan finalisasi persiapan Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) yang harus beres bulan ini. Nantinya Porkab digelar di akhir November tapi tanggal pastinya masih digodok," kata Ketua KONI KBB Rian Firmansyah didampingi Sekretaris Umum KONI KBB Lili Supriatna Hambali, Jumat (24/5/2019).

Rian menyebutkan, pelaksanaan Porkab dilakukan selama 14 hari dan mempertandingan 40 cabang olahraga (cabor). Ajang Porkab akan menjadi tolok ukur sekaligus ajang seleksi bagi atlet menjelang pelaksanaan Porda. Bagi mereka yang berprestasi bisa menjadi kontingen KBB yang akan terjun di Porda. Sehingga, kontingen dari 16 kecamatan yang terjun di Porkab diminta untuk menampilkan pernampilan terbaiknya.

Selain mempertandingkan cabor resmi, akan dipertandingkan pula cabor eksibisi seperti Barongsai, Kriket, Rugby, dan Yongmodo yang rencananya juga akan dieksibisikan di Porda XIV Jabar 2022 saat KBB jadi tuan rumah. Pada porda sebelumnya, keempat cabor tersebut belum pernah dipertandingkan, sehingga nanti juga akan disiapkan dengan venue-venuenya.

"Ajang Porkab menjadi penting bagi seleksi atlet untuk Porda. Apalagi sekitar 70% atlet KBB yang ikut di Porda sebelumnya secara usia sudah tidak bisa lagi tampil," ujarnya.

Anggaran yang disiapkan untuk Porkab III mencapai Rp1,5 miliar dan rencananya diikuti oleh 2.000-3.000 atlet. Juara umum pada Porkab sebelumnya adalah Kecamatan Padalarang yang tahun ini menjadi tuan rumah. Kendati begitu, untuk beberapa event akan digelar di luar Padalarang karena keterbatasan venue, sementara open dan closing ceremony semua dipusatkan di Padalarang.

"Persiapan Porkab sengaja dilakukan sejak enam bulan sebelumnya. Ini jadi indikator ketika Porkab sukses maka KBB siap menggelar Poda Jabar 2022 yang mana KBB menargetkan bisa masuk tiga besar," tandasnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1608 seconds (0.1#10.140)