alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Jelang Operasi Ketupat Lodaya 2019, Polres Bandung Cek Kesiapan Kendaraan Dinas

Agus Warsudi
Jelang Operasi Ketupat Lodaya 2019, Polres Bandung Cek Kesiapan Kendaraan Dinas
Pengecekan kendaraan dinas oleh Kapolres Bandung AKBP Indra Hermawan. Foto/Istimewa

BANDUNG - Menjelang Operasi Ketupat Lodaya 2019 pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1440 H 2019 dan arus mudik, Polres Bandung melaksanakan pengecekan kendaraan dinas roda dua dan roda empat di Lapangan  Apel Mapolres Bandung, Jumat (24/5/2019). Pengecekan kendaraan dinas tersebut dipimpin langsung Kapolres Bandung AKBP Indra Hermawan.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan bahwa pengecekan kendaraan roda dua dan empat tersebut bertujuan mengetahui kesiapsiagaan sarana prasarana dan personel dalam melaksanakan tugas Operasi Ketupat Lodaya 2019.

"Pengecekan yang dilakukan oleh Kapolres Bandung, meliputi kondisi mesin kendaraan dinas, kelengkapan kendaraan, lampu strobo, dan sirine. Selain itu juga dicek kelengkapan personel, dari sikap tampang hingga surat izin mengemudi (SIM)," kata Truno.



Truno mengemukakan, berbagai aspek harus disiapkan agar pelaksanaan mudik dan balik Lebaran 2019 berjalan lancar. Persiapan yang harus diperhatikan antara lain tentang jalan, rekayasa lalu lintas, dan memantau kondisi kesehatan para pemudik serta petugas. "Selain itu, antisipasi titik-titik rawan kepadatan dan kejahatan di sepajang jalur mudik," ujar dia.
 
Polda Jabar dan jajaran, tutur Truno, juga menyiapkan antisipasi pengamanan dan pelayanan bagi masyarakat yang meninggalkan tempat tinggalnya saat mudik. Hal ini mendapat perhatian ekstra dari Polda Jabar.         

"Langkah antisipasi yang dilakukan Polda Jabar bersama stakeholder untuk mendukung Lebaran 2019 antara lain Satgas Pangan, Satgas Pungli, dan lain-lain," tutur Truno.

Truno mengimbau masyarakat yang akan melaksanakan mudik untuk lebih berhati-hati terhadap pengamanan tempat tinggal, kondisi kendaraan yang digunakan, keamanan selama perjalanan, dan peraturan-peraturan yang harus selalu dipatuhi, serta kelengkapan surat kendaraan, dan menjaga keselamatan diri.



(zik)