Rest Area di Tol Cipali Terbatas Dikhawatirkan Jadi Masalah saat One Way

Jum'at, 24 Mei 2019 - 15:15 WIB
Rest Area di Tol Cipali Terbatas Dikhawatirkan Jadi Masalah saat One Way
Tol Cipali. Foto/Dok SINDOnews
A A A
BANDUNG - Keterbatasan jumlah rest area di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), terutama ruas Cirebon-Majalengka, diprediksi menjadi masalah tersendiri saat one way diterapkan saat arus mudik Lebaran berlangsung.

Dikhawatirkan, keterbatasan rest area akan menyebabkan penumpukan kendataan di pintu rest area hingga ke badan jalan tol. Kondisi tersebut bakal mengakibatkan arus laju kendaraan tersendat.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, sarana dan prasarana di dalam Tol Trans Jawa sudah memenuhi, terutama lampu penerangan jalan dan rambu. Namun, kata Truno, ada beberapa catatan yang masih menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah dan pengelola jalan Tol Trans Jawa, salah satunya ketersediaan rest area.

"Rest area sudah tersedia namun belum maksimal, kapasitas atau volumenya masih terbatas. Dari Cikampek, Karawang, lalu Cikopo Purwakarta, Palimanan Cirebon hingga Majalengka, trek panjang. Sedangkan rest area di ruas Tol Cipali itu terbatas," kata Truno, Jumat (24/5/2019).

Menurut Truno, masalah yang harus dihadapi saat arus mudik nanti adalah terkait kurangnnya statiun pengisian bahan bakar minyak (BBM) dI jalur Tol Trans Jawa.
Dia mengemukakan, jajaran kepolisian dan pemerintah sudah berkoordinasi dengan Pertamina untuk memenuhi ketersediaan BBM di rest area saat musim mudik nanti. Pertamina siap jika SPBU kekurangan BBM.

Pertamina menyiapkan BBM gendong diSPBU maupun di titik-titik di luar SPBU. Ketika di SPBU ada antrean, BBM gendong akan melayani pemudik yang di luar antrean. Sebab jika dibiarkan ikut antrean, akan menghambat arus mudik.

"Mereka akan memberikan layanan BBM menggunakan pack. SPBU di rest area kemungkinan bakal diserbu pemudik yang ketika tiba bakal kehabisan BBM, seperti pemudik dari Sumatra, Banten, dan Jakarta," ujarnya.

Sementara untuk jalur non-tol masyarakat dapat menggunakan kantor polisi atau pos pelayanan dan pengamanan sebagai rest area. "Polda Jabar menyiapkan ratusan pos yang disiapkan untuk para pemudik beristirahat.
Ada pospam dan posyan rest area. Ada 278 pos keamanan kemudian 35 pos pelayanan," katanya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.9019 seconds (0.1#10.140)