Relawan Jokowi Turut Berduka, Tuntut Penjarakan Inisiator Kerusuhan 22 Mei

Kamis, 23 Mei 2019 - 20:06 WIB
Relawan Jokowi Turut Berduka, Tuntut Penjarakan Inisiator Kerusuhan 22 Mei
Polisi dan massa terlibat bentrok di Jalan Fachrudin, Tanah Abang, Jakarta, Rabu (22/5/2019). Foto/Isra Triansyah/SINDOphoto
A A A
BANDUNG - Relawan pendukung pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin yang tergabung dalam Relawan Buruh Jokowi (Rebo) menyampaikan ucapan bela sungkawa atas jatuhnya korban jiwa dalam kerusuhan yang terjadi di Jakarta pada Rabu 22 Mei 2019.

Koordinator Nasional Rebo Ichsan menyesalkan terjadinya aksi brutal sejumlah oknum terhadap aparat kepolisian dan TNI yang tengah berjaga mengamankan Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) itu.

"Jelas ini bentuk keprihatinan kita semua. Konsep people power akibat kalah pemilu yang digembor-gemborkan politisi senior berujung pada pertikaian antarsesama anak bangsa," ujar Ichsan dalam keterangan tertulis yang diterima SINDOnews, Kamis (23/5/2019).

Ichsan menegaskan, tak menghendaki sejarah pahit kerusuhan pada 1998 silam kembali terulang. Oleh karena itu, pihaknya meminta para politisi yang terbukti menjadi inisiator aksi brutal dengan konsep people power tersebut dipenjarakan.

"Ini sebagai konsekuensi logis yang harus mereka pertanggung jawabkan," tegasnya.

Ichsan yakin, aparat kepolisian dapat segera meringkus biang kerok sekaligus pemodal kerusuhan itu. Terlebih, polisi pun sudah mengantongi sejumlah uang sebagai barang bukti untuk membayar para perusuh. "Ini bukan murni people power, tapi lebih tepatnya disebut people order," timpal Ichsan.

Dia pun menyampaikan dukungannya kepada kepolisian untuk mengungkap kasus ini, agar masyarakat memperoleh informasi jelas sebagai pembelajaran berharga bahwa kebesaran hati menerima keputusan Pemilu 2019 sangat diperlukan.

"Sehingga, tercipta legacy (warisan) sistem politik yg sehat dan kondusif di masa yang akan datang," katanya.

Tak lupa, pihaknya pun menyampaikan selamat kepada Jokowi-Ma'ruf sebagai pemenang Pilpres 2019 berdasarkan penetapan hasil penghitungan suara Pilpres 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.5672 seconds (0.1#10.140)