Penerapan One Way Arus Mudik Dikendalikan Korlantas Polri

Rabu, 22 Mei 2019 - 15:05 WIB
Penerapan One Way Arus Mudik Dikendalikan Korlantas Polri
Tol Cipali. Foto/Dok SINDOnews
A A A
BANDUNG - Penerapan one way atau satu arah di jalur Tol Trans Jawa akan dikendalikan sepenuhnya oleh Kepala Koordinator Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Refdi Andri.

"Kami (Polda Jabar), tidak menerapkan sepenuhnya one way. Tapi pada waktunya nanti pelaksanaan one way dikendalikan oleh Kakorlantas Polri," kata Direktur Direktorat Lalu Lintas Polda Jabar Kombes Pol M Aris di Mapolda Jabar, Rabu (22/5/2019).

Aris mengemukakan, pelaksanaan one way dilakukan jika pada jalur tol terjadi hambatan. Hambatan itu nanti menjadi tanggung jawab masing-masing polda.

"Kami nanti laporan ke Kakor. Mekanismenya dari Dirlantas Polda Jabar, Jateng. Kalau mungkin Jatim melaporkan situasi tol arusnya seperti apa, ada permasalahan atau tidak, kami laporkan. Nanti diputuskan oleh Kakor one way-nya mulai dari mana one way, dikoordinasikan," ujar Aris.

Aris tidak memungkiri akan terjadi hambatan juga di jalur non-tol atau arteri imbas dari pemberlakuan one way. Namun, dia menegaskan jajaran Ditlantas Polda Jabar telah menyiapkan beberapa skema untuk memecah kemacetan di jalur non-tol.

"Jalur non-tol, insya Allah, saat one way di tol, di Pantura agak tersendat, kami siapkan pospam dan pelayanan di sepanjang jalur mudik pantura. Bahkan rest area di pantura sudah disiapkan semua. Kami kerja sama dengan instansi pemerintah daerah dan provinsi," tutur Aris.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.6991 seconds (0.1#10.140)