alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Polda Jabar Siap Kawal Mudik Lebaran 2019

Agus Warsudi
Polda Jabar Siap Kawal Mudik Lebaran 2019
Dirlantas Polda Jabar Kombes Pol M Aris. Foto/Istimewa

BANDUNG - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jabar menggelar Operasi Ketupat Lodaya 2019 untuk mengawal dan menjamin kelancaran serta keamanan arus mudik Lebaran tahun ini. Sejumlah persiapan tengah dilakukan guna untuk mengantisipasi lonjakan arus kendaraan pemudik yang melintas di wilayah Jawa Barat.

"Persiapan sudah kami laksanakan, baik jalur tol, selatan, maupun utara. Kami sudah melakukan pengecekan. Bahkan kemarin kami mengecek kesiapan jalur mudik dengan Kakorlantas Polri (Irjen Pol Refdi Andri)," kata Dirlantas Polda Jabar Kombes Pol M Aris di Mapolda Jabar, Rabu (22/5/2019).

Aris mengemukakan, hasil pengecekan jalur mudik pihaknya mendapati ada perbaikan jalan di beberapa titik, terutama di jalur pantai utara (pantura). Meski begitu, dipastikan saat arus mudik nanti pengerjaan perbaikan jalan itu dapat selesai sebelum H-10.



Kepastian itu diperoleh Dirlantas mendapat penjelasan dari petugas perbaikan jalan saat dilakukan pengecekan beberapa waktu lalu.
"Masih ada perbaikan di beberapa titik. Namun dari kepala proyek di lokasi, mereka memastikan H-10 itu sudah selesai," ujar Aris.

Aris menuturkan, masih ada satu titik perbaikan jalan yang tidak mungkin rampung diselesaikan saat arus mudik berlangsung, yakni jalur pantura di wilayah Subang. Penyebabnya, di wilayah itu ada pembangunan pelabuhan. Sehingga, badan jalan kerap dilintasi kendaraan berat yang menyebabkan kerusakan pada kontur aspal. Namun, pengerjaan proyek pembangunan pelabuhan akan dihentikan sementara waktu hingga arus mudik dan balik berakhir.

"Kemarin ada di satu daerah di Subang di pantura ada yang belum selesai karena terkait proyek pelabuhan. Jadi nanti H-10 dihentikan, diratakan dulu jalannya untuk arus mudik maupun balik," ungkap Aris.



(zik)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif