Hendak Ikut Aksi 22 Mei, 5 Terduga Teroris Diamankan di Garut

Rabu, 22 Mei 2019 - 00:24 WIB
Hendak Ikut Aksi 22 Mei, 5 Terduga Teroris Diamankan di Garut
Petugas gabungan saat mengamankan lima terduga teroris di kawasan Malangbong, Garut, Selasa (21/5/2019) sore. Foto/Istimewa
A A A
GARUT - Petugas gabungan TNI dan Polri mengamankan lima terduga teroris di Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut, Selasa (21/5/2019).

Berdasarkan video yang beredar di media sosial, penangkapan terduga teroris ini terjadi sekitar pukul 16.30 WIB. Meski demikian tidak ada perlawanan dari lima pria itu.

Tangan lima terduga teroris itu langsung diikat. Petugas pun menggiring mereka untuk diperiksa lebih lanjut.

Peristiwa itu bermula saat anggota kepolisian dari Polres Garut melihat mobil Isuzu Mu-X melaju dari Tasikmalaya ke arah Garut. Diduga orang-orang di dalam mobil itu melihat aparat kepolisian dan TNI, tiba-tiba mobil tersebut berputar arah.

"Anggota curiga lalu mengejar mobil tersebut," kata Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna saat dihubungi pada Selasa (21/5/2019) malam.

Penangkapan ini, ujar Budi dilakukan oleh tim dari Polres Garut, Brimob, dan Kodim 0611/Garut yang sedang menggelar operasi.

"Anggota ini merasa curiga karena mobil tersebut tak mau menghampiri petugas yang sedang ada di lokasi," ujar dia.

Menurut Budi setelah mengejar mobil tersebut, petugas gabungan mengamankan mobil ini di sekitar tanjakan Malangbong. "Mereka berusaha menuju ke arah Gentong," tutur Kapolres.

Setelah itu, ungkap Budi, petugas gabungan ini memeriksa isi di dalam mobil. Ternyata dari hasil pemeriksaan lima orang tersebut merupakan jaringan teroris yang bergerak dari arah Kabupaten Ciamis. "Tujuannya mau ke Jakarta. Mereka mau ikut aksi 22 Mei," ungkap Budi.

Budi menyatakan, belum bisa memberi keterangan lebih lanjut terkait penanganan lima terduga teroris itu. Mereka telah dibawa aparat gabungan untuk diperiksa. "Ada yang khusus menangani mereka. Kami hanya bertugas melakukan pengamanan," tegas Budi.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.6204 seconds (0.1#10.140)