alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

PT Pindo Deli Bersihkan Sampah Impor yang Dibuang Sembarangan

Nila Kusuma
PT Pindo Deli Bersihkan Sampah Impor yang Dibuang Sembarangan
PT Pindo Deli Pulp & Papeer Mill membersihkan sampah impor yang dibuang secara sembarangan di Desa Taman Mekar, Kecamatan Pangkalan, Karawang, Jawa Barat. Foto/Istimewa

KARAWANG - PT Pindo Deli Pulp & Papeer Mill membersihkan sampah impor yang dibuang secara sembarangan di Desa Taman Mekar, Kecamatan Pangkalan, Karawang, Jawa Barat. Sampah tersebut diangkut kembali ke gudang untuk kemudian dimusnahkan.

"Kami sudah menunjuk vendor atau pihak ketiga untuk memusnahkan sampah yang sudah kita pilah-pilah sebelumnya. Tapi kenyataannya malah tidak dimusnahkan, malah dibuang secara sembarangan, makanya kami ambil kembali dan akan langsung kita musnahkan," kata Manajer PT Pindo Deli Pulp % Paper Mill Adil Teguh, Selasa (21/5/2019).
 
Menurut Adil, sampah itu bukan limbah beracun. Kebanyakan plastik atau aluminium yang tidak digunakan untuk membuat kertas cokelat atau brown paper. "Meski tidak beracun, tetap tidak boleh dibuang sembarangan dan harus dimusnahkan, makanya kami menunjuk vendor untuk memusnahkan ini. Tapi ternyata ada sebagian yang buang sembarangan, makanya sampah ini kami angkut kembali sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan menjaga lingkungan," ujarnya.

Adil menambahkan, sampah yang berasal dari Pindo 3 ini diketahui dibuang secara sembarangan setelah pihaknya mendapat laporan masyarakat. Pihaknya segera bergerak cepat membersihkan sampah tersebut sebelum tercecer ke mana-mana atau dimanfaatkan pihak lain.



"Begitu mendengar itu langsung kami turunkan petugas untuk mengangkut kembali sampah tersebut untuk kami musnahkan. Seharusnya vendor yang kami tunjuk itu memusnahkan sampah ini, bukan malah dibuang, karena tetap saja menjadi tanggung jawab kami," katanya.

Adil mengaku pihaknya bergerak cepat membersihkan sampah karena khawatir sampah tersebut merusak lingkungan. Padahal, selama ini Pindo Deli berusaha mengikuti saran pemerintah daerah melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) untuk selalu menjaga lingkungan, terutama di sekitar perusahaan itu beroperasi. "Pemerintah daerah sudah berbuat baik kepada kami, jadi untuk menjaga lingkungan kami selalu kerja sama dengan DLHK Karawang," ujarnya.

Menurut Adil, Pindo 3 memang saat ini masih dalam tahap pembenahan, karena baru 3 tahun diambil alih dari PT ESA Kertas. Dia mengakui masih ada kendala yang dihadapi oleh Pindo 3 ini untuk mencapai ideal seperti yang sudah dilakukan untuk Pindo 1 dan Pindo 2. "Pindo 3 ini pabrik baru, jadi masih terus kita lakukan pembenahan agar perusahaan ini bisa beroperasi dengan baik dengan tetap menjaga lingkungan."



(zik)