Polda Jabar Jadikan UPI Kampus Tertib Lalu Lintas

Selasa, 21 Mei 2019 - 09:55 WIB
Polda Jabar Jadikan UPI Kampus Tertib Lalu Lintas
Perwakilan UPI, Dishub Jabar, dan Polda Jabar saat pencanangan kampus tertib lalu lintas. Foto/SINDOnews/Arif Budianto
A A A
BANDUNG - Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) ditunjuk sebagai percontohan kampus tertib lalu lintas oleh Polda Jabar. Penunjukan ini sebagai bentuk proses penertiban yang dilakukan UPI selama enam tahun terakhir.

Rektor UPI Asep Kadarohman mengatakan, penunjukan UPI sebagai kampus tertib lalu lintas setelah proses cukup lama yang dilakukan UPI dalam melakukan penertiban lalu lintas di dalam kampus. Selama ini, UPI mencoba membangun sivitas akademika dan lingkungan kampus belajar berlalu lintas dengan tertib.

"Alhamdulillah kesadaran sivitas akademika terhadap ketertiban berlalu lintas sudah tampak hasilnya. Sekarang sudah meningkat pada level kesadaran, kalau sebelumnya masih proses pembiasaan," kata Asep di sela-sela launching Kampus Tertib Lalu Lintas di Kampus UPI, Jalan Setiabudi, Kota Bandung, Senin (20/5/2019) sore.

Menurut dia, beberapa indikator meningkatnya budaya tertib lalu lintas adalah budaya tertib parkir kendaraan. Misalnya muka kendaraan menghadap ke jalan. Civitas akademika tidak lagi mesti diingatkan tim security.

Asep berharap, penunjukan UPI kampus tertib lalu lintas memberi dampak positif bagi mahasiswa dan seluruh civitas akademika di luar kampus. Sehingga, mereka bisa menjadi contoh bagaimana berlaku baik di jalanan.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Keuangan, Sumber Daya dan Administrasi Umum UPI Edi Suryadi mengatakan, acara tertib lalu lintas digelar UPI, Polda Jabar, Dishub Jabar, dan lainnya. Acara kali ini adalah proses selama enam tahun.

"Karena kita tahu di UPI ini ada kampus, SMA, SMP, dan lainnya. Terkadang siswa SMP sudah bawa motor. Makanya kita coba tertibkan. Parkir, lalu lintas di kampus dibenahi. Alhamdulillah sekarang sudah baik," kata dia.

Dia mencontohkan, sebelum proses penertiban lalu lintas, sering terjadi kecelakaan di dalam kampus. Ribuan kendaraan setiap tahunnya masuk UPI. Tetapi, saat ini, tidak ada lagi tabrakan antarmotor yang terjadi di kampus.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8990 seconds (0.1#10.140)