Petugas Gabungan Pemkab Purwakarta Sidak Minimarket

Senin, 20 Mei 2019 - 18:17 WIB
Petugas Gabungan Pemkab Purwakarta Sidak Minimarket
Tim gabungan Pemkab Purwakarta sedang memeriksa sejumlah produk makanan yang dijual di salah satu minimarket. Foto/Istimewa
A A A
PURWAKARTA - Tim gabungan Pemkab Purwakarta mengamankan sejumlah produk makanan dari sejumlah minimarket, Senin (20/5/2019). Produk makanan tersebut dalam kondisi kemasan rusak, namun masih saja dipajang.

Tim gabungan yang terdiri dari Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian; Dinas Kesehatan; Dinas Peternakan dan Perikanan, serta Satpol PP Kabupaten Purwakarta, ini mengamankan produk makanan itu agar tidak dibeli dan dikonsumsi oleh konsumen.

Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Purwakarta Karliati Djuanda mengatakan, kegiatan tersebut bagian dari inspeksi mendadak (sidak) yang sudah biasa dilakukan menjelang Lebaran.

"Banyak barang promo yang dijual di pasaran. Makanya kami perlu memeriksa, baik dari kemasan, kode produksi terutama kedaluarsa makanan tersebut. Ya ini bagian dari kewaspadaan agar konsumen aman," ujar Karliati.

Dalam sidak itu pun tim mendapatkan beberapa produk buah-buahan yang mulai membusuk. Sehingga, komoditas ini pun juga ikut diamankan petugas. Seluruh barang bermasalah itu langsung diamankan untuk diteliti. Selain itu, instansi terkait juga langsung memberikan pembinaan kepada pengelola minimarket atau swalayan yang kedapatan menjual produk tersebut.

Menurut dia, selama Ramadhan ini petugas terus melakukan pemantauan ke berbagai minimarket dan swalayan yang ada di Kabupaten Purwakarta agar dapat meminimalisasi produk-produk yang tak layak dijual supaya lebih aman dikonsumsi masyarakat.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9811 seconds (0.1#10.140)