alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Bodypack Bakal Garap Pasar Asia dan Eropa

Arif Budianto
Bodypack Bakal Garap Pasar Asia dan Eropa
Bodypack memperkenalkan produk terbaru menghadapi momen Lebaran dan jelang tahun ajaran baru. Foto/SINDOnews/Arif Budianto

BANDUNG - Produsen tas asal Bandung Bodypack berencana mulai menggarap pasar ekspor ke kawasan Asia dan Eropa. Target tersebut bakal dimulai pada tahun depan.

Marketing Manager Bodypack Dian Maulana mengatakan, selama ini merek ini fokus pada segmen tertentu seperti digital natives, komunitas, dan commuters. Namun, besarnya peluang pasar tas, terutama milenial membuat  Bodypack bergeser menggarap pangsa pasar yang lebih besar.

"Mulai tahun 2020, kami akan mulai menyasar pangsa pasar ekspor. Kami akan garap wilayah Asia Tenggara. Selanjutnya pada 2021 bakal merambah pasar Eropa," kata Dian.



Di dalam negeri, Bodypack menargetkan bisa meraih 5% pangsa pasar tas milenial. Pangsa pasar segmen milenial di Indonesia, kata dia  masih terbuka lebar. Setiap tahun ada sebanyak 5 juta anak sekolah dan 6 juta mahasiswa baru. "Bisa dapat 5% saja itu targetnya sudah besar sekali. Kalau double digit juga kita kewalahan di proses produksinya," jelas Dian.

Untuk menggarap segmen tersebut, mulai semester II/2019 ini Bodypack memiliki dua program andalan. Salah satunya, fokus merambah ke pangsa pasar sekolah dan kuliah dengan lini produk back to school. Sederet program disiapkan untuk menarik minat dan membangun keterikatan emosional dengan audiens.

Dari sisi produk, Bodypack merilis Bodypack Ramadhan yaitu produk baru untuk travelling saat mudik. Lalu, ada juga Bodypack Back To School yaitu produk untuk kebutuhan sekolah dan kuliah. "Masuknya Bodypack untuk segmentasi sekolah adalah peluang besar sekaligus tantangan untuk bisa eksis di segmentasi ini," ujarnya.

Marketing Communication Bodypack Dieng Sasongko mengaku, Bodypack yang menyasar segmen premium ini tetap mengedepankan riset produk untuk menjaga kualitas dan keinginan konsumen. Dalam meracik program, Bodypack terjun langsung mengamati perilaku target pasar.

"Dari terjun langsung kita mendapat beberapa masukan ide, yang akhirnya kita ramu sedemikian rupa dan akhirnya kita buat beberapa program-program yang menarik untuk target market kita," ucap Dieng.

Dia menambahkan, selain produk, beraneka program offline dan online juga sudah siap menyapa para kaum urban. Salah satu program online yang menjadi andalan Bodypack dengan merilis program web series #BaikLebihBaik di YouTube.



(zik)

Berita Terkait
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif