alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Zakatku Gelar Kajian Energi Kebaikan Ramadhan

Agung Bakti Sarasa
Zakatku Gelar Kajian Energi Kebaikan Ramadhan
Ustaz Evie Efendi memberikan tausyiah dalam kegiatan Kajian Energi Kebaikan Ramadhan yang digelar Zakatku, Minggu (19/5/2019). Foto/SINDOnews/Agung Bakti Sarasa

BANDUNG - Mengisi waktu menjelang berbuka puasa, Zakatku, lembaga penghimpun zakat di Bandung, menggelar kegiatan Kajian Energi Kebaikan Ramadan dengan mendatangkan Ustaz Evie Efendi.

Kegiatan yang digelar di Ubertos Mall, Ujungberung, Kota Bandung itu, dihadiri ratusan warga. Mereka khusyuk mendengarkan tausyiah dari ustaz yang juga dikenal sebagai ustaz gaul tapi soleh (gapleh) itu.

"Kajian ini digelar untuk kedua kalinya. Alhamdulillah tahun ini kami bisa menghadirkan Ustaz Evie dan alhamdulillahnya lagi, peserta yang hadir cukup banyak, melebihi target kami," ujar Kepala Divisi Penghimpunan Zakatku Hafidz Shafari di sela kegiatan, Minggu (19/5/2019).



Menurut Hafidz, kegiatan yang mengusung tema "Lahir Batin Juara di Hari Raya" ini juga menjadi ajang untuk menyosialisasikan zakat kepada masyarakat luas. Terlebih, kata dia, banyak masyarakat yang menganggap zakat itu hanya lelah zakat fitrah yang hanya dibayarkan di bulan Ramadan.

"Padahal zakat itu tidak banyak zakat fitrah, masih ada zakat yang lain, seperti zakat penghasilan," sebutnya.

Lebih lanjut Hafidz menilai, kesadaran warga Bandung dalam membayar zakat terus meningkat, khususnya yang berada di pusat kota. Bahkan, kata Hafidz, banyak masyarakat yang mulai sadar untuk membayarkan zakat penghasilannya.

"Memang kita perlu terus menyosialisasikan pentingnya zakat ini, terutama zakat penghasilan karena masih banyak warga yang membutuhkan bantuan dari zakat ini," terangnya.

Pihaknya juga berharap, melalui kegiatan Kajian Energi Kebaikan Ramadan, kesadaran masyarakat, khususnya masyarakat Bandung akan terus tumbuh. Sehingga, akan semakin banyak masyarakat yang terbantu.

Lebih jauh Hafidz mengatakan, selama bulan suci Ramadan ini, pihaknya menargetkan mampu menghimpun dana zakat hingga Rp300 juta. Nilai target tersebut jauh lebih besar dibandingkan target tahun lalu yang hanya Rp50 juta.

"Tahun ini, target penghimpunan zakat kami meningkat dari tahun lalu yang hanya Rp 50 juta," ujarnya.

Hafidz mengaku optimistis target tersebut dapat tercapai. Terlebih, kata Hafidz, gerai Zakatku yang melayani pembayaran zakat jumlahnya kini lebih banyak. Pihaknya juga bekerja sama dengan bank dalam membuka gerai tersebut.

"Saat Ramadan tahun lalu, gerai Zakatku hanya 4, sekarang gerai kami ada 10 yang tersebar di seluruh Bandung," sebutnya.

Selain membuka sejumlah gerai, Zakatku juga menghimpun dana zakat secara online. Seluruh dana zakat yang dihimpun Zakatku digunakan untuk membiayai berbagai program bantuan bagi masyarakat yang membutuhkan.

Dia menambahkan, berbagai program yang diusung Zakatku selama Ramadan ini, di antaranya bazar Ramadan, berbuka bersama anak yatim, hingga distribusi zakat kepada anak yatim dan guru-guru pengajian. "Untuk tahun ini, kami menargetkan dapat menghimpun dana zakat sebesar Rp5 miliar," tandasnya.



(awd)