Ombudsman Jabar Waspadai Kenaikan Harga Sepekan Jelang Lebaran

Minggu, 19 Mei 2019 - 15:25 WIB
Ombudsman Jabar Waspadai Kenaikan Harga Sepekan Jelang Lebaran
Ombudsman Jabar saat memantau harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional di Kota Bandung. Foto/Istimewa
A A A
BANDUNG - Ombudsman Perwakilan Provinsi Jawa Barat mengapresiasi stabilitas harga dan ketersediaan pasokan kebutuhan pokok masyarakat di Kota Bandung. Namun demikian, pemerintah diminta mengantisipasi lonjakan harga yang biasanya terjadi satu pekan jelang Lebaran.

Kepala Ombudsman Perwakilan Jawa Barat Haneda Sri Lastoto mengingatkan pemerintah agar mengantisipasi kenaikan harga kebutuhan pokok satu pekan jelang Lebaran. Biasanya, harga kebutuhan pokok masyarakat mengalami kenaikan. Terutama barang seperti daging, ayam, kentang, dan lainnya.

Kendati demikian, pihaknya mengapresiasi harga sembako yang saat ini cenderung stabil. Hasil pantauan harga di Pasar Ciroyom dan Cihapit di Kota Bandung pada akhir pekan kemarin, menunjukkan harga stabil dan pasokan aman.

“Berdasarkan hasil inspeksi kami di Pasar Ciroyom dan Cihapit Kota Bandung, menunjukan ketersediaan bahan pokok menjelang minggu kedua bulan Ramadhan terpantau tersedia dan mudah,” kata dia.

Haneda menyebut, berdasarkan hasil inspeksi, rata-rata ketersediaan dari bahan pokok tersebut cenderung tidak langka pada minggu ini. Sementara itu, bawang putih sempat kosong dan naik cukup tinggi minggu lalu, namun saat ini sudah kembali normal. Bahkan, harga-harga bahan pokok yang disurvei pada minggu ini cenderung ada penurunan dari minggu lalu termasuk bawang putih dan ayam.

Sedangkan, suplai stok bahan pokok berdasarkan hasil wawancara dengan pedagang, kata dia, masih lancar dan tersedia pada minggu kedua bulan Ramadhan. Permintaan terhadap daging cenderung bertambah pada bulan Ramadhan, sedangkan bahan pokok cenderung menurun pada minggu kedua bulan Ramadhan.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.0192 seconds (0.1#10.140)