alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Intensitas Hujan Menurun, Suhu Terendah 19,8 Derajat

Agus Warsudi
Intensitas Hujan Menurun, Suhu Terendah 19,8 Derajat
Masjid Raya Bandung, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung. Foto/SINDONews/Dok

BANDUNG - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Kelas 1 Bandung meramalkan, musim kemarau di Kota Bandung dan sekitarnya akan jatuh pada akhir Mei atau awal Juni 2019.

Wajar jika intensitas hujan pada pertengahan Mei ini mulai menurun. Hari ini, Sabtu 18 Mei 2019, cuaca Kota Bandung dan sekitarnya umumnya berawan. Suhu udara Kota Bandung dan sekitarnya berkisar antara 19,8 derajat hingga 30,4 derajat Celsius.

Pada pagi hari 07.00-13.00 WIB, langit Parijs van Java dan sekitarnya cerah berawan. Pada malam hari 19.00-01.00 WIB langit Tatar Pasundan berawan. Begitu juga dini hari 01.00-07.00 WIB, langit Bandung kembali berawan.



Kelembapan udara berkisar antara 54% hingga 90%. Arah angin umumnya dari Tenggara dengan kecepatan rata-rata 4-17 km perjam.

BMKG Bandung meramalkan hujan ringan bakal mengguyur semua kawasan di Kota Bandung. Guyuran hujan ringan tersebut diprakirakan berpeluang melanda utara, barat dan tengah Kota Bandung, pada siang menjelang sore 13.00-19.00 WIB. Sedangkan Bandung selatan dan timur berawan.

Prakiraan hujan itu didasarkan pada analisis terhadap sirkulasi angin bahwa ada belokan angin atau shearline di wilayah Jabar. Selain itu, kelembapan udara pada ketinggian 3 kilometer (km) di wilayah Jawa Barat cukup tinggi sehingga memicu peluang pembentukan awan-awan hujan.

Suhu udara terendah atau minimum di Bandung utara 19,8 derajat. Bandung selatan dan timur 20,2 derajat. Bandung barat dan tengah 20 derajat Celsius.

Perincian suhu udara tertinggi atau maksimum Bandung utara, barat, dan tengah 30,2 derajat. Bandung selatan dan timur 30,4 derajat Celsius.

Intensitas Hujan Menurun, Suhu Terendah 19,8 Derajat



(awd)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif