Pesan Ridwan Kamil kepada Plt Bupati Cirebon Imron Rosyadi

Jum'at, 17 Mei 2019 - 16:40 WIB
Pesan Ridwan Kamil kepada Plt Bupati Cirebon Imron Rosyadi
Gubernur Jabar Ridwan Kamil. Foto/Dok SINDOnews
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengingatkan Plt Bupati Cirebon Imron Rosyadi serta jajarannya mampu menjalankan amanah sebaik-baiknya. Terlebih, kata gubernur yang akrab disapa Emil ini, dalam lima tahun ke depan, tantangan dalam membangun Jabar, khususnya Cirebon akan sangat besar menyusul rencana pengembangan kawasan ekonomi Segitiga Rebana (Cirebon-Patimban-Kertajati).

"Alhamdulillah kabar baik, akan disetujui dan Insya Allah kawasan paling canggih, paling maju, dalam lima atau sepuluh tahun ke depan ada di zona Cirebon," kata Emil di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jumat (17/5/2019).

Apabila terwujud, lanjut Emil, kawasan Segitiga Rebana pada 2030 mendatang diprediksi mampu menciptakan lebih dari lima juta lapangan pekerjaan. Karena itu, Emil berpesan agar para pemimpin di Kabupaten Cirebon menjadi teladan masyarakat, teladan dari lisannya, sikap, keluarga, hingga keputusan yang diambilnya.

"Kami titip, khususnya kepada Plt Bupati agar betul-betul menjadi teladan karena masyarakat itu bagaimana pemimpinnya. Pemimpin harus menjadi cerminan masyarakatnya. Apalagi masyarakat Cirebon dikenal sangat religius, tentu pemimpinnya juga harus punya nilai religius," tutur Emil.

Emil pun terus menyerukan tiga nilai yang harus dimiliki seorang pemimpin, yakni integritas, melayani dengan hati, dan profesional. Emil menekankan, integritas sebagai benteng tidak boleh jebol karena akan menjadi fondasi sebuah pembangunan.

"Layani rakyat dengan sepenuh hati. Kita ini pelayan rakyat, bukan minta dilayani rakyat. Jangan emosi, jangan marah-marah terhadap dinamika-dinamika bersama rakyat," katanya.

Emil juga berharap, Kabupaten Cirebon bangkit dengan profesional. Karenanya, Emil meminta Plt Bupati Cirebon dan para pegawai Pemkab Cirebon rajin berinovasi dan menciptakan gagasan baru.

"Jangan business as usual, jangan bisnis biasa-biasa saja. Cirebon terlalu istimewa untuk menjadi biasa-biasa saja. Kabupaten Cirebon harus menjadi luar biasa," ujarnya.

Emil menambahkan, sesuai arahan KPK dan Kemendagri, Kabupaten Cirebon akan diberikan perhatian khusus untuk memastikan roda pemerintahan berjalan lancar. "Kita akan berikan atensi khusus, bimbingan, sehingga Cirebon harus kita pastikan lancar dan tidak ada rongrongan atau hal negatif yang mengganggu kepemimpinan berikutnya," pungkas Emil.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1768 seconds (0.1#10.140)