Jelang Lebaran 2019, XL Siapkan Jaringan di Jalur Mudik

Kamis, 16 Mei 2019 - 14:12 WIB
Jelang Lebaran 2019, XL Siapkan Jaringan di Jalur Mudik
Chief Marketing Officer XL Axiata David Arcelus Oses didampingi Group Head Central Region XL Axiata Rd. Sofia Purbayanti (tengah) menyerahkan donasi 1 buah router dan paket internet 240 GB saat buka puasa di Bandung, Rabu (15/5/2019). Foto/Istimewa
A A A
BANDUNG - PT XL Axiata mulai mempersiapkan kesiapan jaringan jelang libur Lebaran 2019. XL memperkirakan, traffic data bakal naik hingga 30% pada Lebaran tahun ini.

Group Head Central Region XL Axiata Rd. Sofia Purbayanti mengatakan, menyambut masa libur panjang Lebaran tahun ini, XL Axiata telah secara serius melakukan persiapan dari sisi jaringan maupun produk layanan. Untuk area-area di Central Region, kapasitas jaringan di sepanjang area jalur mudik rata-rata telah ditingkatkan menjadi dua kali lipat untuk antisipasi kenaikan traffic data.

"Traffic diperkirakan akan naik sekitar 30% dari traffic hari normal. Kenaikan traffic antara lain juga dipengaruhi adanya pergerakan pelanggan yang masuk dari wilayah lain di luar Central Region, terutama dari DKI Jakarta," kata dia, Kamis (16/5/2019).

Menurut dia, berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, kenaikan traffic data tertinggi untuk wilayah Jawa Barat diperkirakan akan terjadi di Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Bandung. Sementara itu, di Jawa Tengah akan ada di Kabupaten Brebes, DI Yogyakarta ada di Gunung Kidul, Kalimantan Tengah di Kotawaringin Timur, dan Kalimantan Selatan di Banjarmasin.

Sementara, terkait jaringan, selain meningkatkan kapasitas secara umum sesuai kebutuhan, XL Axiata juga telah menyiapkan dukungan Mobile BTS (MBTS) di sejumlah wilayah Central Region. Di Jawa Barat, Jawa Tengah, hingga DI Yogyakarta MBTS sudah disiapkan di sepanjang jalur utama pemudik dan tujuan wisata utama sepanjang libur panjang Lebaran.

"Saat ini untuk area XL Axiata Central Region sudah terdapat sekitar 43.000 BTS, dengan total jumlah pelanggan mencapai lebih dari 16,5 juta. Total jumlah pelanggan terus meningkat, demikian juga dengan traffic pemakaian terutama layanan data. Total pelanggan kami telah mencapai 30% dari total pelanggan XL Axiata secara nasional," jelas dia.

Dia mengakui, selama setahun terakhir traffic penggunaan layanan data meningkat sekitar 62%. Pencapaian itu diimbangi dengan penambahan infrastruktur jaringan secara memadai agar kualitas layanan tetap prima.

Menurut Sofia, traffic layanan data tumbuh signifikan untuk area Jawa Barat, Jawa Tengah hingga DI Yogyakarta. Seperti yang terjadi secara nasional, pertumbuhan kinerja XL Axiata di area Central Region terutama karena kepuasan pelanggan atas kualitas layanan yang terus meningkat.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.2300 seconds (0.1#10.140)