alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Jelang Libur Lebaran, Disparbud Jabar Pantau Obyek Wisata

Agung Bakti Sarasa
Jelang Libur Lebaran, Disparbud Jabar Pantau Obyek Wisata
Kepala Disparbud Jabar Dedi Taufik (berkaca mata hitam) berdialog dengan pengelola Sari Ater di Kabupaten Subang. Foto/Istimewa

BANDUNG - Jelang libur panjang Lebaran 2019, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat memantau kesiapan sejumlah obyek wisata, khususnya di kawasan Bandung Raya dan sekitarnya.

Dipimpin langsung Kepala Disparbud Jabar Dedi Taufik, pemantauan dilakukan ke sejumlah obyek wisata, yakni Farm House Lembang, Gunung TangkubanPerahu, serta Sari Ater di Kabupaten Subang, Selasa 15 Mei 2019 kemarin.

Dedi menuturkan, berdasarkan keterangan pengelola Sari Ater, objek wisata tersebut siap menyambut wisatawan lokal maupun mancanegara saat libur panjang Lebaran 2019.



Sejumlah persiapan pun telah dilakukan, seperti perbaikan insfrastruktur maupun sistem penanganan pengunjung, di antaranya penyiapan sarana penanggulangan gawat darurat dan peningkatan kenyamanan pelanggan.

"Setiap liburan, Sari Ater rata-rata kunjungannya bisa sampai 20 hingga 25.000 orang. Itu keterangan dari pengelola," ungkap Dedi di Bandung, Rabu (15/5/2019).

Selain itu, lanjut Dedi, hingga H-3 Lebaran 2019, amenitas di kawasan Sari Ater yang berkapasitas 80 kamar dan 94 cottage telah terjual sekitar 80 persen. Bahkan, kata Dedi, Sari Ater pun menyiapkan produk Moslem Friendly Tourism.

Sementara itu, saat memantau kesiapan di kawasan Wisata Alam (TWA) Tangkubanparahu, Dedi berdialog langsung dengan Manajer Operasional TWA Tangkubanparahu Ruslan Kaban.

"Mereka sudah mempersiapkan juga, terutama untuk menjaga kenyamanan dan keamanan para pengunjung," katanya.

Terkait harga tiket masuk TWA Tangkubanparahu yang dinilai terlalu mahal, menurut Dedi, pihak pengelola mengatakan bahwa harga tiket tersebut merupakan kebijakan pemerintah, dalam hal ini Kementerian Lingkungan Hidup.

"Meski harga tiket mahal, namun pengelola harus fokus dan memperhatikan kenyamanan para pengunjung," pesan Dedi.

Usai memantau TWA Tangkubanparahu, Dedi dan rombongan bergerak menuju Farm House di Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Menurut Dedi, pihak pengelola Farm House jug telah mengantisipasi membludaknya pengunjung.

Persiapan yang telah dilakukan, di antaranya menyiapkan lahan parkir tambahan di luar kawasan Farm House dan menjalin kerja sama dengan pihak keamanan untuk mengantisipasi kemacetan di sekitar Farm House.

"Alhamdulilah, nampaknya para pengelola destinasi wisata di Jawa Barat telah mempersiapkan kawasannya untuk menyambut hari libur Lebaran dengan baik. Customer satisfaction harus menjadi ukuran utama pariwisata Jabar menuju standar dunia," katanya.



(awd)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif