Mudik Gunakan Bus Antarkota Makin Diminati

Rabu, 15 Mei 2019 - 00:26 WIB
Mudik Gunakan Bus Antarkota Makin Diminati
Foto/Dok SINDO
A A A
JAKARTA - Seiring gencarnya pembangunan infrastruktur berupa jalan tol, moda transportasi bus antarkota makin diminati masyarakat yang ingin mudik Lebaran nanti. Tarif yang lebih murah dibanding tiket pesawat juga disinyalir menjadi salah satu alasan para pemudik memilih moda transportasi bus antarkota ini.

Head of Growth Management Traveloka Iko Putera mengatakan, berdasarkan riset dilakukan pihaknya, animo masyarakat terhadap moda transportasi pesawat masih cukup tinggi. "Namun di tahun ini, permintaan terhadap moda transportasi darat meningkat secara signifikan, yaitu mencapai hingga 30 persen untuk kereta api dan 300 persen untuk bus antarkota dibandingkan dengan periode normal," jelasnya di Jakarta, Selasa (14/5/2019).

Menurut Iko, begitu diminatinya moda transportasi bus antarkota memang fenomena yang sangat menarik. Menurutnya, kemungkinan hal itu merupakan dampak dari dinamika tiket pesawat maupun infrastruktur yang akhir-akhir ini sangat berkembang.
Mudik Gunakan Bus Antarkota Makin Diminati

Tak dipungkiri, memilih moda transportasi bus sebagai kendaraan untuk mudik memang bisa menjadi salah satu solusi bagi mereka yang ingin menghemat anggaran. Data Traveloka, dengan menggunakan bus dari Jakarta ke berbagai kota tujuan di Pulau Jawa seperti Solo, Yogyakarta, Surabaya, dan Malang, pengguna bisa menghemat anggaran hingga Rp950.000 jika dibandingkan dengan naik pesawat. Penghematan anggaran itu tentu tanpa mengorbankan faktor kenyamanan saat naik bus.

PR Director Traveloka Sufintri Rahayu mengatakan, menggunakan bus saat ini memang berbeda dengan dahulu. "Saya pribadi waktu melihat terminal bus (sekarang) lebih kagum. Selain itu kita juga dukung pemerintah, Pak Budi Karya (Menhub) kan sangat encourage (mendukung) moda transportasi bus ini," ujarnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2617 seconds (0.1#10.140)