Tim SAR Cari Pemuda Sumedang yang Tenggelam di Danau Masjid Al Jabbar

Selasa, 14 Mei 2019 - 13:15 WIB
Tim SAR Cari Pemuda Sumedang yang Tenggelam di Danau Masjid Al Jabbar
Tim SAR gabungan dikerahkan untuk mencari dan menemukan, Dede Ruhiat (23), pemuda asal Sumedang yang tenggelam di danau Masjid Al Jabbar, Gedebage, Selasa (14/5/2019). Foto/Istimewa
A A A
BANDUNG - Tim search and rescue (SAR) gabungan dari Basarnas Bandung, Polri, TNI, Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB), dan PMI Kota Bandung dikerahkan untuk mencari dan menemukan, Dede Ruhiyat (23), pemuda asal Sumedang yang tenggelam di danau Masjid Al Jabbar, Gedebage, Selasa (14/5/2019).

Upaya pencarian dilakukan dengan menyisir kawasan danau menggunakan perahu karet dan alat pendeteksi bawah air, serta penyelaman oleh dua penyelam dari Basarnas Bandung, Sat Brimob, dan Tim Sabhara Polda Jabar.

Kapolsek Gedebage Kompol Oesman Imam mengatakan, pencarian dilakukan sejak Senin (13/5/2019) malam sampai Selasa dini hari sekitar pukul 03.00 WIB. Karena belum membuatkan hasil, pencarian dilanjutkan pukul 09.00 WIB. "Sampai saat ini tim pencarian Basarnas dibantu penyelam Sat Brimob, dan Tim Sabhara Polda Jabar masih melakukan pencarian," kata Oesman.

Disinggung upaya antisipasi agar tak ada lagi korban tenggelam di danau ini, Kapolsek mengemukakan, pihaknya akan memasang pelang larangan berenang di danau yang memiliki kedalaman diperkirakan antara 3-5 meter. "Ini (Dede), korban kedua. Kami akan cek soal pelang imbauan agar warga tidak mendekat apalagi berenang di danau," ujar dia.

Humas Basarnas Bandung Joshua Banjarnahor, proses pencarian hari ini difokuskan menyisir seluruh area danau Masjid Al Jabbar. Selain itu melakukan penyelaman di titik yang dicurigai. "Sampai siang ini, tim penyelam sudah melakukan penyelaman tujuh kali shorty," kata Joshua.

Joshua mengemukakan, saat ini tim SAR gabungan membuka pintu air dengan tujuan menyurutkan danau buatan tersebut dengan harapan korban bisa segera ditemukan.

Diketahui, Dede Ruhiyat (23) warga Kampung Jambu Air RT 01/06, Desa Sindulang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, tenggelam di danau Masjid Al Jabbar, Kampung Cimencrang RW 04, Kelurahan Cimencrang, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung, Senin (13/5/2019) malam. Sebelum tenggelam, Dede diduga kerasukan, mengamuk, lalu terjun ke danau hingga tenggelam. (Baca Juga: Pemuda Asal Sumedang Tenggelam di Danau Masjid Al Jabbar(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3380 seconds (0.1#10.140)