Pemuda Asal Sumedang Tenggelam di Danau Masjid Al Jabbar

Selasa, 14 Mei 2019 - 09:28 WIB
Pemuda Asal Sumedang Tenggelam di Danau Masjid Al Jabbar
Tim SAR menyisir danau Masjid Al Jabbar untuk mencari korban tenggelam, Dede Ruhiyat. Foto/Istimewa/Basarnas Bandung
A A A
BANDUNG - Dede Ruhiyat (23) warga Kampung Jambu Air RT 01/06, Desa Sindulang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, tenggelam di danau Masjid Al Jabbar, Kampung Cimencrang RW 04, Kelurahan Cimencrang, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung, Senin (13/5/2019) malam.

Untuk melakukan pencarian terhadap korban, petugas kepolisian dari Polsekta Gedebage dan Polrestabes Bandung meminta bantuan tim penyelam dari Basarnas Bandung.

Setelah menerima laporan, Basarnas Bandung menerjunkan dua tim ke lokasi kejadian. Satu tim melakukan penyisiran dan satu lagi menyelam. Pencarian juga melibatkan petugas Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung.

Upaya pencarian pada Senin malam berlangsung selama lima jam, dari dari pukul 23.00 hingga pukul 03.00 WIB. Namun, pencarian belum membuahkan hasil. Pencarian terhadap korban pun akan dilanjutkan pada Selasa (14/5/2019) sekitar pukul 09.00 WIB.

"Tm penyelam dari Basarnas yang berjumlah dua orang melakukan pencarian selama tiga iam di sekitar danau mesjid Al Jabar. Namun tidak membuahkan hasil, yang akhirnya kami sepakat pencarian akan dilanjutkan kembali pada Selasa pagi," kata Kanit Reskrim Polsekta Gedebage Ipda A Budiyanto, mewakili Kapolsekta Kompol Oesman Imam di lokasi kejadian.

Dia menuturkan, peristiwa tenggelamnya Dede bermula ketika korban bersama saudara dan rekannya, Namdi (23), Nuriman (23), dan Agung Nugraha (28) memancing di danau itu.

"Korban bersama saudara dan temennya itu merupakan pegawai PT Gasindo yang menangani proyek pembangunan masjid terapung," ujar Budi.

Sekitar pukul 21.30 WIB, ujar Budi, berdasarkan keterangan saksi Agung, korban mengalami kerasukkan. Saudara-saudaranya berusaha menenangkan akan tetapi korban berontak dan marah-marah.

Tanpa bisa dicegah, korban terjun ke danau sambil berenang ke arah utara. Saksi Agung berusaha mengejar korban dengan terjun ke danau. Namun kurang lebih tinggal 10 meter ke arah daratan sebelah utara, korban tenggelam dan hilang ke dalam air.

"Saksi Agung sudah tiga kali mencari ke bawah air namun tidak berhasil menemukan. Akhirnya saksi melapor ke Polsek Gedebage," ujar Budi.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9678 seconds (0.1#10.140)