Pencarian Korban Longsor di Gunung Pongkor Dilanjutkan Hari Ini

Selasa, 14 Mei 2019 - 05:43 WIB
Pencarian Korban Longsor di Gunung Pongkor Dilanjutkan Hari Ini
Pencarian korban longsor di penambangan emas rakyat di Gunung Pongkor, Desa Bantar Karet, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Penambangan emas rakyat di Gunung Pongkor, Desa Bantar Karet, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, kembali longsor dan menimbun puluhan orang. Pencarian korban dilanjutkan Selasa (14/5/2019) ini.

Longsor dipicu hujan deras yang mengguyur lokasi penambangan pada Minggu (12/5/2019) dini hari. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengungkapkan, struktur tanah yang labil serta hujan deras yang terus-menerus mengakibatkan tanah longsor hingga menimbun puluhan penambang.

"Tidak ada data pasti jumlah penambang, namun beberapa warga yang selamat mengatakan sekitar 20 orang penambang," ujar Sutopo, Senin (13/5/2019) malam.

Berdasarkan data BNPB, jumlah korban meninggal yang sudah ditemukan untuk sementara sebanyak lima orang meninggal. Kelima korban meninggal tanpa identitas ditemukan Senin siang.

Sementara, tiga orang ditemukan dalam keadaan selamat. Ketiga korban selamat atas nama Uus (35), warga Desa Bantar Karet; Dede (30), warga Desa Cisarua; dan Dika (24), warga Desa Cisarua.

Menurut Sutopo, Tim SAR mengalami kesulitan mengevakuasi korban karena lokasi longsor yang sangat curam dan ada di kaki gunung. Meski demikian, aparat bersama PMI, relawan dan warga akan berusaha mengevakuasi korban

"Medan cukup berat dan hanya bisa dilakukan secara manual. Pencarian dihentikan saat ini dan dilanjutkan esok hari," pungkasnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1929 seconds (0.1#10.140)