alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Ngabuburit sambil Belajar Merajut di Tepi Saluran Irigasi

Nila Kusuma
Ngabuburit sambil Belajar Merajut di Tepi Saluran Irigasi
Belajar merajut di Kedai Das Kopi, tepian saluran irigasi, Jalan Veteran, Kelurahan Nagasari, Kecamatan Karawang Barat, Karawang, Jabar. Foto/Istimewa

KARAWANG - Ada yang tidak biasa ketika berkunjung ke Kedai Das Kopi, tepian saluran irigasi, Jalan Veteran, Kelurahan Nagasari, Kecamatan Karawang Barat, Karawang, Jabar. Sore hari menjelang buka puasa ada aktivitas yang berbeda dari pengunjung di sana. Mereka terlihat sibuk mengikuti pelatihan merajut yang sengaja dibuka oleh pengelola kedai kopi.

"Dalam bulan puasa ini kami isi dengan kegiatan merajut benang untuk membuat bungkus handphone dan bungkus korek. Pelatihan ini terbuka untuk umum, siapa pun boleh mengikuti kursus ini kalau berminat, dan hasilnya nanti akan kita pamerkan dalam kegiatan bazar seni di Kedai Das Kopi yang akan kita selenggarakan 19-25 Mei 2019 nanti," kata koordinator acara Yuda Febrian, Minggu (12/5/2019) malam.

Menurut Yuda, Kedai Das Kopi yang berdiri di tepian saluran irigasi sengaja membuat acara pelatihan merajut sepintal benang secara gratis bagi anak-anak muda yang biasa kongko di sekitar saluran irigasi. Peserta pelatihan terdiri dari mahasiswa, ibu rumah tangga, dan juga komunitas yang biasa nongkrong di situ.



"Kebanyakan memang anak-anak muda yang mengikuti pelatihan ini. Tentunya ini untuk menambah kemampuan generasi muda. Animo masyarakat cukup tinggi karena kita kewalahan menyediakan tempat," ujarnya.

Menurut Yuda, dalam merajut membutuhkan kesabaran yang tinggi untuk mencapai hasil yang sempurna. Proses memintal benang, merajut, hingga membentuk sebuah benda yang kita inginkan merupakan kenikmatan tersendiri yang sulit diungkap dengan kata-kata. "Untuk mencapai hasil yang sempurna kita tidak hanya sabar, tapi harus disertai dengan keuletan hingga bisa membuat sesuatu yang kita inginkan," katanya

Yuda mengatakan, dua hal yang diajarkan kepada masyarakat yang mengikuti pelatihan merajut yaitu teknik crochet dan knitting. Teknik crochet yaitu teknik merajut dengan satu jarum rajut yang diberi nama hakpen. Dengan teknik ini cocok untuk digunakan pada benang polycherry.

Sedangkan teknik knitting adalah teknik merajut dengan menggunakan dua jarum yang disebut jarum breien. Biasanya, knitting digunakan untuk membuat syal atau sweter dengan mengggunakan benang wol dan katun.



(zik)

loading...