Yuk Bikin Balado Kering Kentang Kacang Teri untuk Sahur Nanti

Sabtu, 11 Mei 2019 - 21:20 WIB
Yuk Bikin Balado Kering Kentang Kacang Teri untuk Sahur Nanti
Balado kering kentang kacang teri menjadi makanan yang bisa disimpan untuk beberapa waktu. Menu ini pun bisa untuk stok selama puasa. Foto/Instagram.
A A A
JAKARTA - Bingung menentukan hidangan untuk berbuka puasa atau sahur? Bikin saja balado kering kentang kacang teri. Menu yang satu ini bisa sebagai pelengkap bersantap.

Rudy Choirudin berbagi resep dalam program Rasasayange yang ditayangkan MNCTV setiap Sabtu, pukul 08.00 WIB dan program Rudy dan Sahabat yang ditayangkan RCTI setiap Minggu pukul 07.30 WIB. Berikut cara mengolah balado kering kentang kacang teri:

Bahan 1:
400 g kentang dikupas, potong batang korek api dan goreng kering
150 g kacang tanah, goreng
75 g teri medan, goreng
3 buah cabai merah, belah buang biji dan rajang halus

Bahan 2:
1 sdt cuka
3 sdm bawang goreng
2 sdm keripik bawang putih

Bahan 3: (haluskan)
8 buah bawang merah
4 siung bawang putih
1 buah tomat

Bahan 4:
6 sdm minyak goreng
250 ml air
1 saset Desaku Bubuk Balado
1 sdt garam
6 sdm gula pasir

Cara Membuat:
Haluskan bahan 3. Lalu, tumis dengan 6 sdm minyak goreng hingga harum dan matang. Larutkan Desaku Bubuk Balado dengan satu gelas air, aduk hingga rata. Masukkan larutan ke dalam tumisan dan masak kembali hingga bumbu larut dan mengembang. Beri garam dan gula pasir, aduk rata hingga larut. Jika bumbu sudah mulai pekat, kecilkan api.

Masukkan cuka dan cabai merah, aduk hingga cabai tidak beraroma langu. Tambahkan kacang dan teri, aduk rata. Masukkan kentang, aduk hingga semua bahan terbalut dengan bumbu.

Matikan api, taburi dengan bawang goreng dan keripik bawang putih, aduk sesaat. Dinginkan, kemudian simpan di dalam stoples dan siap dinikmati saat berbuka puasa atau sahur.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4620 seconds (0.1#10.140)