Partisipasi Pemilih di Cimahi 87,6%, Ajay Sangat Bangga

Sabtu, 11 Mei 2019 - 17:09 WIB
Partisipasi Pemilih di Cimahi 87,6%, Ajay Sangat Bangga
Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna. Foto/SINDOnews/Adi Haryanto
A A A
CIMAHI - Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna mengaku bangga dengan angka partisipasi pemilih warga Kota Cimahi dalam pesta demokrasi Pemilu 2019. Antusiasme warga untuk datang ke tempat pemungutan suara (TPS) sangat tinggi sehingga angka partisipasi pemilih jauh melebihi capaian pada Pilgub Jabar 2018.

"Alhamdulillah saya sangat bangga dan berterima kasih kepada seluruh warga Cimahi yang sudah datang ke TPS menyalurkan hak suaranya. Terbukti capaian angka partisipasi pemilih di Pemilu 2019 mencapai 87,6%," sebutnya, Sabtu (11/5/2019).

Menurutnya, angka partisipasi itu sangat bangat, bahkan untuk di Jawa Barat termasuk yang cukup tinggi karena mendekati 90%. Membandingkan dengan angka partisipasi pemilih pada Pilgub Jabar 2018, saat itu di Cimahi dari jumlah DPT sebanyak 362.866 pemilih, angka partisipasinya mencapai 80,81% setara dengan 293.243 suara. Sehingga, angka partisipasi 87,6% di Pemilu 2019 adalah capaian yang sangat baik.

Terkait pelaksanaan pemilu di Cimahi, Ajay menilai secara keseluruhan berjalan dengan lancar dan aman. Hal itu berkat peran dari KPU, Bawaslu, TNI, Polri, dan seluruh masyarakat sehingga sampai pelaksanaan pleno di tingkat KPU juga berjalan aman tanpa ekses. Meskipun ada sedikit kekurangan, secara umum tidak jadi kendala. Ada dua anggota KPPS di Cimahi yang meninggal karena faktor kelelahan setelah bertugas.

"Itu menjadi catatan kami, bahkan di tingkat pusat juga karena banyaknya KPPS yang meninggal. Termasuk sudah menjadi wacana nasional kalau ke depan bakal diusulkan antara pileg dan pilpres dipisahkan," tuturnya.

Ketua KPU Kota Cimahi Mochamad Irman membenarkan angka partisipasi pemilih di Cimahi merupakan salah satu yang tertinggi di Jawa Barat. Bahkan, berdasarkan catatannya ada beberapa TPS yang angka partisipasinya mencapai 100%. Ini menandakan jika sosialisasi yang dilakukan berhasil efektif menyasar ke masyarakat, termasuk warga sekarang sudah dewasa dan sadar akan hak politiknya. Sehingga, mereka berbondong-bondong antusias datang ke TPS untuk menyalurkan aspirasinya.

"Ada beberapa TPS yang angka kehadiran warganya hingga 100%, ini menjadi preseden baik bahwa masyarakat di Cimahi sudah melek akan politik dan tidak mau golput," kata dia.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1474 seconds (0.1#10.140)