Masjid Ash-Shamad, Berbahan Bambu Beratap Ijuk

Sabtu, 11 Mei 2019 - 15:26 WIB
Masjid Ash-Shamad, Berbahan Bambu Beratap Ijuk
Masjid terbuat dari bambu ini bernama Masjid Ash-Shamad. Masjid di Kelurahan Kebonbaru, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon ini dibangun tahun 2015. Foto/MNC Media/Toiskandar
A A A
CIREBON - Di Kota Cirebon, Jawa Barat, ada sebuah masjid yang terbuat dari bambu dengan beratap ijuk. Masjid ini ramai dikunjungi jamaah, termasuk pada saat Ramadhan.

Masjid terbuat dari bambu ini bernama Masjid Ash-Shamad. Masjid di Kelurahan Kebonbaru, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon ini dibangun tahun 2015. Masjid Ash-Shamad merupakan satu-satunya masjid bambu di Kota Cirebon.

Masjid bambu ini menyuguhkan kesan alami. Sebab, konsep bangunan masjid tersebut memadukan antara bambu dengan bebatuan. Sedangkan pada bagian dalam masjid terdapat ornamen-ornamen berbahan kerang yang dihiasi dengan lampu menguatkan kesan mewah bagian dalam masjid seperti bangunan kuno pada umumnya.
Masjid Ash-Shamad, Berbahan Bambu Beratap Ijuk

Menurut Dewan Penasihat Masjid Ash-Shamad Watid, dipilihnya konsep bangunan masjid dengan menggunakan bambu agar para jamaah yang melaksanakan salat merasa sejuk. Konsep ini dipilih lantaran Cirebon merupakan daerah cuaca tropis berdekatan dengan pesisir.

Di Bulan Ramadhan saat ini, masjid bambu ini selalu ramai jamaah yang melaksanakan salat. Mereka juga menunggu datangnya waktu berbuka puasa dengan tadarus Alquran.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.5368 seconds (0.1#10.140)